Efek Melankolis (2)

Sabtu di bulan Oktober 2013. Aku, Tiara dan Joanna janjian untuk meet up di salah satu mall Jakarta setelah sekian lama tak berjumpa dan selagi Joanna sedang di Jakarta. Psst..semenjak menikah dengan suaminya yang bukan orang Indonesia, Joanna jadi nomaden mengikuti kemana suaminya bekerja.

“Dimana kau?” tanya Joanna di telfon.
“Depan Starbucks, buruan Jo, udah kangen banget nih” kataku sembari tertawa kecil.
“Halah..gegayaan. Ini udah sampe, tinggal masuk ke dalem. Sebentar, gue berat bawa perut.”

Dari kejauhan, aku liat Joanna berjalan pelan sembari berhati-hati. Melihat badannya yang membengkak, aku langsung menghampirinya dan melayangkan cipika cipiki. Tanpa basa basi, Jo langsung melihat ke mataku sembari melotot, “koq elu bloon sih, udah tau dari awal nggak bisa sama Jeremy masih aja dilanjutin.” “Buat apa sekolah tinggi-tinggi kalo masih bloon juga” lanjutnya lagi. “Eh, gembrot, gue sekolah otak bukan sekolah hati. Berisik ah!” balas saya dilanjtkan dengan tawa dari kami berdua. “Elu lamban banget sih sekarang jalannya, lebih lambat dari kura-kura” ledekku. “Liat kau nanti pas lagi hamil ya, gue sih liatin aja” balas Joanna sembari memberikan tatapan sinis. “Woo ngambek muluk” ledekku kembali sambil tertawa licik.

Kami berdua berjalan mengitari mall. Aku menunjukan tempat-tempat baru yang ada di dalam mall. Mall tersebut merupakan salah satu mall favorit kami sejak duduk di bangku SMU. Mall yang dulunya rawa-rawa kini sudah menjadi salah satu mall terbesar di Jakarta. “Gila yah, ini mall maju banget sekarang. Luas banget pulak” sahut Joanna. “Kasian yah nomaden yang udah nggak pernah ke mall lagi. Padahal dulu anak mall banget yang bisa betah ampe 6-10 jam sehari” “Iya nih, kangen deh nge-mall lama, liat-liat baju, nyobain ini itu..” kata Jo, “tapi nggak dibeli cuma nyobanya doang. Terus gue nungguin ampe pegel” kataku memotong. “Heh! Kan kalo beli baju kudu nyoba dulu, kalo udah sreg baru kumpulin duit beli..” timpanya lagi. “Iya abis duit kekumpul, bajunya udah nggak ada lagi. Terus ngomong ke gue, “duh nyesel deh kemarin nggak langsung beli”, dan kau lakukan itu berulang” potong saya kembali. “Ah, you know me so well deh” jawab Jo sambil tersipu malu.

Lagi asyik jalan berdua sambil bergandengan tangan mesra layaknya dua wanita masa kini yang sedang bergelayutan, Tiara tiba-tiba teriak dari belakang kami, “woyy!”, “eh, Tiara, apa kabar?” sapaku mengawali pembicaraan. “Halah, basa-basi banget lu” jawab Tiara padaku. “Eh, Jo, udah berapa bulan tuh perut? Gede aje” tanya Tiara pada Jo. “Jangan gitu dong, aku juga penginnya kurus nih Tiarakuw pas hamil, tapi nggak bisa. Udah 5 bulan nih, udah mulai engap” jawab Jo. “Eh beli gulali barbie yuk” kata Jo melanjutkan. “Yuk beli ya, daripada nanti dede bayinya ngiler, ribet juga” jawabku. “Eh, unyu amat kita ke tempat Barbie” kata Tiara, “Iyah, mengenang masa kecil” jawab Jo.

Setelah memesan gulali Barbie kepada SPG yang ada di toko, kami bertiga menunggu sambil bercengkerama. Pusat pembicaraan menuju ke arahku yang sedang dilanda kesedihan sehabis mendengar pengakuan Jeremy yang ingin menikah.
“Udeh lu, jangan sedih mulu. Itu semua kan karena ke-oon-an elu. Lagian aneh-anehan aja sih lah” kata Jo dengan nada galak sembari menatap mata.
“Iyah, udahlah, ikan banyak di laut. Dia bukan yang terbaik buat lu, ngapain lu nangis mulu. Sayang air matanya” lanjut Tiara.
“Gue udah kagak nangis, cuma suka sesak aja. Semacam belum bisa nerima, cara dia memperlakukan gue”
“Biarin aja itu mah, karma does exist. Urusan Tuhan, lu kerjain bagian lu” jawab Tiara.
“Tumben Ti otak lu bener” sahut Jo, “Kampret!” balas Tiara cepat. Dan saya hanya tertawa melihat kelakuan perbincangan mereka berdua.
“Sekarang kita senang-senang aja yah” pinta Jo. “Eh tapi, gue punya list makanan yang kudu gue makan sebelum pulang nih. Nanti makan tahu telor langganan yang di apartemen yak. Temenin gue” lanjutnya lagi. “Yauda dari sini langsung kesana aja, gue gak bisa lama-lama soalnya hari ini, ada bimbingan pra-nikah di Gereja” jawab Tiara. “Gue mah manut aja lah. Gue mah apa atuh” timpalku.

Setelah gulali Barbie jadi, kami bertiga sempat tercengang. Bentuknya yang kaya kerucut dengan ketinggian sekitar 40 cm dan diameter 30 cm membuat kami bingung bagaimana cara menghabiskannya. Akhirnya kami bertiga masuk ke dalam toko, duduk di kursi yang sudah disediakan sembari nyomotin gulali sedikit demi sedikit. Kami ngobrol soal persiapan pernikahan Tiara yang tinggal 3 minggu lagi dan juga kehidupan nomaden Ibu hamil yang nggak bisa makan di tempat tinggalnya sekarang. “Gue nggak doyan makan nih, makanya gue ngemis-ngemis sama laki gue buat pulang ke Jakarta 3 bulan biar gue bisa makan” cerita Jo. “Kasian” timpalku. “Heh! Elu tuh ya, ngeledek mulu. Cepet banget dah kalo ngeledekin gue” balas Jo. “Entah kenapa ya, Tuhan menciptakan elu buat jadi bahan ledekan gue” jawabku cepat. “Elu ye, paling muda, paling sering pula ngeledek yang lebih tua. Dosa tau” sahut Jo sambil ngebersihin tangannya yang lengket dengan gulali. Aku cuma mengangkat tangan sembari membentuk huruf V pada kedua jariku sambil tersenyum kepadanya. “Elu gimana Ti persiapan nikah?” tanya Jo pada Tiara. “Ya begitulah, banyak yang disiapin, pusing” jawab Tiara sambil tertawa. Semenjak Jo hidup nomaden, kami bertiga jadi jarang komunikasi. Apalagi ditambah dengan perbedaan waktu di tempat tinggal Joanna yang sekarang. Jadi kami berkomunikasi seadanya. Giliran sekarang ketemuan, sudah pasti Joanna yang paling ketinggalan berita, jadi dia paling kepo diantara kami bertiga buat tanya ini itu.

Selesai menghabiskan gulali Barbie, kami segera bergegas meninggalkan toko. Dari sana kami menuju parkiran mobil untuk lanjut ke apartemen mencari tahu telor yang diidamkan Joanna. Jarak apartemen dari mall cuma 10 menit saja, itupun dengan keadaan lalu lintas yang padat. Kalau jalanan depan mall lancar, 5 menit juga sampe. Begitu tiba di apartemen, kami langsung menuju tukang jualan tahu telor. Joanna langsung memesannya sedangkan saya dan Tiara memesan roti bakar cokelat keju, milo hangat dan mie instan – makanan yang sulit ditolak – serta pisang gencet.

“Jadi gimana, elu masih sedih?” tanya Jo padaku.
“Nurut ngana?” tanya saya balik.
“Lu jalan-jalan aja lah biar nggak sedih” pinta Jo.
“Ikut gue honeymoon ke Korea aja yuk” pinta Tiara.
“Hah? Ogah. Nanti gue jadi nyamuk” jawabku pada Tiara. “Lah kan gue pake travel, lu ada temen lah nanti” jelas Tiara. “Lu kapan honeymoon-nya? Berapa hari?” tanyaku yang mulai menunjukan ketertarikan untuk trip ke Korea.
“November akhir, 10 hari kalo nggak salah” jawab Tiara.
“Bhay aja deh, kerjaan gue masih banyak tanggal segitu. Lagian cutinya juga susah kalo masih tanggal segitu” jelasku pada Tiara.
“Yauda jalan-jalan sendiri aja nanti pas liburan Natal. Ke tempat yang ada saljunya. Kan lo pengin tuh liat salju. Salah satu wishes lo pas birthday kan? Masih inget nggak lu?” tanya Jo. “Ya masih.” “Yaudah, daripada sedih nggak berujung mending wujudin harapan” lanjut Jo kembali.
“Ke Korea aja, kan pas lagi winter. Nanti gue kasi itinerary gue ke elu, nah tinggal lu ikutin dah. Lu traveling sendiri aja” Pinta Tiara.
“Nanti gue pikir-pikir deh. Secara ya tinggal 2 bulan lagi belom beli tiket, urus visa, minta cuti, urusin kerjaan ini itu” kataku pada mereka berdua.
“Elu urusin kerjaan mulu ampe segitunya, emang perusahaan urusin elu kalo lu lagi sedih kaya sekarang gini. Enggak kan? Yauda makanya liburan aja” sahut Jo.
“Iye. Nanti gue pikirin.”
“Gausa kelamaan mikir, nanti malah gak jadi” tutup Jo.

Pesanan makanan kami pun tiba dan kami sibuk makan. Pembahasan saat makan kali ini adalah tentang daftar makanan yang akan Jo bawa ketika dia kembali ke tempat tinggalnya. Mulai dari bumbu dapur, cabe, roti, ceres, ramuan China yang dijual di Glodok sampe ke mangga muda. Dan dia selalu berkelit dengan alasan, daripada gue nanti nggak bisa makan kan kasian dede bayinya. Aku dan Tiara cuma bisa pasrah, nggelengin kepala dan senyum.

“Terus malem ini lu tidur sendiri? Masih sedih nggak? Kalo masih, mending nginep di rumah gue kaya dulu pas lu pisah sama mantan lu. Lu tidur bareng gue” kata Jo.
“Anjir, masih inget aje loh dia” sahutku. Mendengar hal itu Tiara cuma ketawa. Ia juga menyarankan biar aku nginap dirumahnya Joanna biar ada teman dan bisa mengurangi kesedihan.
“Yauda deh. Gue ijin dulu”

Setelah aku mendapatkan ijin dan selesai makan, aku dan Jo pulang ke rumahnya di daerah Kramat. Sedangkan Tiara langsung menuju gereja untuk pembekalan pra nikah. Kami berpelukan dan saling melayangkan cipika cipiki layaknya persahabatan wanita yang seperti kempompong – kepo dan rempong.

Begitu tiba di rumah Jo, selesai ganti pakaian tidur, cuci muka dan gosok gigi, Jo meletakan masker di wajah saya. “Udah ya, sekarang maskeran dulu terus tidur biar wajahnya gak keliatan sedih, tapi keliatan cantik” “Uw so sweet” timpalku. “Anyway, ini rumah lu nggak berubah ya. Rumah dimana gue dulu menghilangkan kesedihan setelah pisah sama mantan. Dan sekarang kesini lagi dengan kondisi hati yang nggak jauh berbeda” kataku pada Jo sembari memejamkan mata. “Yee, dia nostalgia” timpal Jo. “Iya, rumah Kramat. KERAMAT.”

You may also like...

1 Response

  1. LG says:

    Ahh gw jg dah lama ga maen ama Jeremy *loh hahahhahahahahha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh