Rekomendasi Kuliner Bali

Sometimes I call myself as a randomly happy omnivores. Ini adalah salah satu buktinya! Berawal dari keinginan untuk sesekali culinary trip ke Bali tapi nggak pernah membuat perencanaan matang, sampai akhirnya dapet harga tiket pesawat Garuda dari Banyuwangi ke Denpasar sebesar Rp. 182.600,- (incl. tax) tanggal 21 Juni 2015 lalu. Begitu tiba di Bali pun belum punya list kuliner, cuma dengan modal bertanya sama teman-teman yang menetap dan pernah atau sedang disana kemudian cap cip cup milih pake mata, hati dan telinga. Kuliner pun dimulai selama kurang lebih 2×24 jam dan akhirnya inilah beberapa rekomendasi dari gue buat yang mau kulineran di Bali. Semoga satu selera yah ^^

Tipat Kuah

Tipat Kuah

Tipat Kuah

Tipat itu sebutan untuk lontong. Kalau biasanya kita menemukan lontong sayur pakai sayur labuh atau opor ayam, kalau di Bali pakenya kuah santan dengan bermacam sayuran, telur dan sate lilit. Rasanya khas Bali banget dan porsinya cukup besar.
Harga : Rp. 27.000,-
Lokasi : Warung Krishna
Krisna Wisata Kuliner, Jl. Raya Tuban, Tuban, Bali

Nasi Pedas Ibu Andika

Nasi Pedas Ibu Andika

Nasi Pedas Ibu Andika

Dari namanya saja udah jelas kalau yang jadi andalan disini adalah sambel yang pedesnya sampe bikin keringetan. Sebenarnya nasi pedas ini bisa dibilang nasi rames, lauknya kita yang pilih sendiri sesuai selera dengan variatif pilihan lauk yang disajikan disana mulai dari sayur tumis, ayam goreng, sate, abon, keripik dsb. Setelah memilih menu, pramusaji akan meletakan kupon harga dibawah kertas nasi sebagai tanda harga atas porsi pesana kita.
Harga : Kisaran Rp. 15.000,- – Rp. 40.000,- (tergantung pilihan makanan)
Lokasi : Nasi Pedas Bu Andika
Jl. Raya Tuban No. 120C, Tuban, Bali (Ph. 081558318187)

Ayam Betutu

Ayam Betutu

Ayam Betutu

Merupakan salah satu makanan khas Bali yang memberikan rasa rempah pedas dan bikin keringet ngucur tapi susah berhenti kalau belum habis. Daging ayam yang lembut dan sedikit kuah yang enak banget buat diseruput bisa bikin ketagihan.
Harga : Ayam betutu 1 ekor Rp. 95.000,-
Lokasi : Ayam Betutu Men Tempeh
– Krisna Gallery Resto, Jl. Diponegoro, Denpasar, Bali (ph. 0361 251273)
– Jl. Raya Pelabuhan Gilimanuk | Gilimanuk Terminal Area, Gilimanuk, Bali

Bebek Goreng

Bebek Goreng

Bebek Goreng

Sebenarnya tidak jauh beda dengan bebek goreng lain asalkan bisa menggoreng sampe garing dan menghasilkan daging yang lembut. Hanya saja disini disajikan dengan sambel matah yang segar pedas sedikit asin, plus urap dan disuguhkan pemandangan sawah yang luar biasa cantik. Delish!
Harga : Bebek Goreng setengah Ekor Rp. 160.000,-
Lokasi : Warung D’Sawah
Jl. Raya Kerobokan, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali (ph. 0361-731196)

Sop Ikan dan Ikan Goreng

Ikan Goreng dan Sop Kepala Ikan

Ikan Goreng dan Sop Kepala Ikan

Pertama kali yang dicicipi adalah kuahnya. Segar asem manis bikin mata melek. Kepala ikannya besar, dagingnya banyak dan yang penting nggak bau amis. Ikan gorengnya sendiri pun garing diluar dan empuk didalem. Cocol pake sambel plus nasi hangat, manjain perut banget. Jangan lupa peras jeruk limonya biar lebih berasa segar lagi.
Harga : Rp. 45.000,-
Lokasi : Be Sanur
Krisna Wisata Kuliner, Jl. Raya Tuban, Tuban, Bali

Babi Guling

Babi Guling Candra

Babi Guling Candra

Terdiri dari lawar, urutan, kulit babi kering, cukut daun singkong, daging babi, sate dan jeroan bikin perut full. Semuanya enak dan bumbunya berasa khas bali banget yang kaya akan rempah. Daging empuk, kulit garing, sayur yang krenyes berasa banget lezatnya 😀
Harga : Rp. 45.000,-
Lokasi : Babi Guling Candra
Jl. Teuku Umar, Denpasar, Bali (ph. 0361 221278)

Pork Ribs

Pork Ribs

Pork Ribs

Begitu menu disajikan langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jeruk nipis di sekujur ribs. Kemudian potong menjadi bagian kecil, oleskan atau cocol sambal dan kunyahlah! Sensasi rasanya itu juicy, asam, manis, pedas bergabung jadi satu. Jangan lupa minumnya beer biar lebih maknyus.
Harga : Rp. 95.000,-
Lokasi : Warung Nuri’s / Hogs Wild
– Jl. Batu Belig 41, Kerobokan, Bali (ph.0361 8476722)
– Jl. Sangginan, Ubud, Bali (ph. 0361 977547, 0361 7804697)

Sate Babi

Sate Babi

Sate Babi

Jualannya sih di tenda, tapi pengunjungnya nggak habis-habis. Itulah kesan pertama gue waktu singgah kemari. Ibu-ibu yang ngebakar satenya pun nggak berhenti untuk ngipas. Sate babi disini terkenal banget karena emang empuk, juicy dan soal rasa nggak usah ditanya lagi, bumbunya meresap ke dalam daging sampe dihisap pun berasa. Uniknya disajikan menggunakan garam, tapi gue lebih suka yang original sih tanpa dikasi garam.
Harga : Rp. 15.000,-/porsi/10 tusuk
Lokasi : Sate Babi Gelora Trisakti
Jl. Patih Jelantik, Legian, Bali

Pork Ribs

Pork Ribs Wahaha

Pork Ribs Wahaha

Pork Ribs yang satu ini porsi besar. Walaupu besar, dagingnya tetap empuk dan juicy dan gampang lepas dari tulang. Bumbunya  meresap sampai kedalam daging. Rasanya kalau makan pork ribs disini bisa untuk berdua deh, disamping berdua memang lebih nikmat daripada sendiri. Eh.
Harga : Rp. 160.000,-
Lokasi : Wahaha
Jl. Sunset Road Barat, No. 1689, Seminyak, Bali (ph. 0361 8475655)

Gusto Gelato

Gusto Gelato

Gusto Gelato

Menyediakan gelato dan sorbet dalam ukuran cup small, medium, large dan juga cone. Pilihan rasa variatif mulai dari rum raisins, croccante, mascarpone, kelapa, banana, cokelat, cinnamons, vanilla, hazelnut, dan masih banyak lagii sampai kadang bingung mau yang mana. Semuanya enak, lembut dan pekat.
Harga : Medium cup (3 rasa) Rp. 38.000,-
Lokasi : Gusto Gelato
Jl. Mertanadi No. 46, Kerobokan, Bali (ph. 0361 5522190)

Lello Lello Gelato

Gelato Lello Lello

Gelato Lello Lello

Selain terkenal dengan masakan Indianya, disini juga menyediakan gelato yang enggak kalah enak dengan tempat lain. Kemarin gue coba rum raisins dan vanilla. Tasteful yet creamy. Cone-nya dibungkus pake daun pisang loh bagian bawahnya, terkesan alami banget.

Harga : Rp. 30.000,-
Lokasi : Lello Lello Gelato
Jl. Kayu Aya, Seminyak, Bali

Sehabis menulis ini, gue cuma berharap bisa kembali ke Bali untuk kuliner yang lain lagi. Mari katakan AMIN bersama-sama! A M I N.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh