Penanganan Komplain Pelanggan Telkomsel Tidak Solutif

Sepertinya saya sudah sampai pada titik lelah untuk komplain ke Telkomsel baik via twitter, call center maupun Grapari karena berulang kali saya komplain dengan masalah serupa namun belum pernah mendapatkan solusi yang memuaskan saya sebagai pelanggan. Let me share to you about my experience.

Untuk paket internet, saya menggunakan Paket Social Max yang ditawarkan oleh pihak Telkomsel dari semenjak harganya 75rb dengan kuota 2GB + 1GB (midnight) sampai sekarang harganya 95rb dengan kuota 2GB. Perlu diketahui bahwa social max merupakan paket internet telkomsel dimana kita bisa menggunakan 5 aplikasi socmed populer sepuasnya (path, line, bbm, whatsapp dan waze).

Sumber : http://www.telkomsel.com/socialmax

Sumber : http://www.telkomsel.com/socialmax

Saya mengaktifkan paket internet social max di nomor hp saya pada tanggal 29 Agustus 2015 dan segera saya reset statistic use celluar data for pada setting-an smartphone saya. Kondisi awal kuota saya adalah 2 GB. Sesuai dengan paket yang didaftarkan. Kisah berawal di hari Senin, 7 Sept 2015 pada saat saya cek sisa kuota di aplikasi my Telkomsel. Disana dituliskan bahwa sisa kuota saya adalah 603.28 MB

Sisa Kuota 603.28 MB pada 7 Sept 2015

Sisa Kuota 603.28 MB pada 7 Sept 2015

Saya segera mengecek penggunaaan data celullar pada smartphone saya dan mendapati bahwa detail pemakaian data cellular saya semenjak saya aktivasi paket internet Social Max adalah seperti gambar dibawah ini :

Use cellular data for (1/2)

Use cellular data for (1/2)


Use cellular data for (2/2)

Use cellular data for (2/2)

Sekarang mari kita kalkukasikan penggunaan cellular data. Jika kita kalkukasikan semua aplikasi, maka jumlah cellular data yang sudah digunakan adalah sebagai berikut :

Cellular Data Used

Cellular Data Used

EITTTSSS tapi inget! Saya pake paket data Social Max dimana untuk Path, Whatsapp, Line, Waze dan BBM seharusnya tidak memotong kuota. Sehingga seharusnya kuota terpakai saya adalah 670MB dan tersisa, 1,23GB.

Dari sana saya coba sampaikan keluhan saya via DM Twitter @Telkomsel dan beginilah tanggapannya :

DM Twitter dengan @Telkomsel

DM Twitter dengan @Telkomsel

Dari sana saya dapet sms konfirmasi dari Telkomsel terkait keluhan saya dengan nomor 252560429 pada hari Senin, 7 Sept 2015 Pk 20.08 sembari saya menunggu 3×24 jam. Namun saya baru sempat pagi ini menanyakan hal itu kembali dan lagi-lagi saya diminta menunggu karena sedang di follow up. Dan saya kembali di-sms-in nomor keluhan baru oleh Telkomsel yaitu 252580407.

Saya nggak paham kenapa saya diberikan nomor keluhan baru lagi. Keluhan lama belum terselesaikan, malah sudah ada nomor keluhan baru. Bagaimana pihak mereka bisa tracking keluhan? but yeah its not my business

Kemudian saya konfirmasi ke call center 188 terkait keluhan saya dan lagi-lagi saya harus menunggu konfirmasi 3×24 jam. Pihak call center mengatakan bahwa mereka akan follow up dengan tim twitter.

Lagi-lagi saya nggak paham mengapa nomor keluhan via twitter dan call center tidak tersinkronisasi dengan baik, bagaimana pihak Telkomsel bisa menyelesaikan keluhan pelanggan dengan cepat?

Jujur saya kecewa dengan hal ini dan sampai sekarang tidak ada konfirmasi apapun dari Telkomsel.

Demikian sharing saya, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran buat semuanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh