Amazing Spontaneous 

 

Dieng dilihat dari atas gunung Prau

Setiap kali ditanya, “Ea, libur lebaran kemana?” pasti gue jawab, “Nggak kemana-mana, di Jakarta aja.” Kemudian hari Kamis, 16 Juli, gue posting foto di Telaga Warna. Jedyaaarr. Notifikasi whatsapp pun bermunculan.

Kisah dimulai hari Rabu siang saat gue baru bangun tidur. Nyokap bilang ke gue, kalo Koko gue mau ke Dieng. Gue langsung whatsappin dia kaya adek-adek unyu posesif, “Elu koq ke Dieng nggak ngajakin gue? Posisi udah dimana sekarang?”. “Di KM 15 tol Cikampek, kalo mau ikut gue tungguin di rest area KM 19, lu naik taxi aja biar cepet.” “Yauda, gue bilang Mama dulu.” Setelah mendapatkan izin dari nyokap, gue langsung packing serabutan, pesen taxi dan cus ke rest area. Bener-bener spontan dan random, padahal gue ada beberapa janji pengin jalan bareng sama temen gue pas libur lebaran ini, cuma belum nentuin tanggalnya. Mungkin karena kelakuan gue yang minus ini, akhirnya temen gue memberikan julukan “amazing spontaneous”. Sometimes I have some feelings before decide what I want to do in my holiday. Kalau ragu, gue akan menunggu 🙂

Gue jalan dari rumah sekitar jam 3 sore, perjalanan naik mobil menuju Dieng di hari itu membutuhkan waktu kurang lebih 20 jam. Gue berasa mudik, ikut-ikutan macet lewat jalur pantura. Untungnya yang nyetir bukan gue. Supir gantian sama koko gue buat nyetir. Sampe di Dieng, Kamis siang, kita langsung menuju homestay Puspa Indah. Sementara yang lain tidur karena kecapekan di jalan, gue malah kebingungan mau ngapain karena kebanyakan tidur selama di jalan, akhirnya mulailah browsing tentang wisata Dieng dan bertanya pada penduduk lokal. Sore itu gue memutuskan untuk ke Telaga Warna bareng ponakan gue, Vallene.

Telaga Warna

Disana kita poto-poto dan berjalan ke area sekitar, ada gua sumur, gue semar dan gua pengantin. Yang paling oke sih tetep yah Telaga Warna-nya. Abis muter-muter, kita balik home stay, cari makan bareng-bareng dan nggak lupa poto-poto di depan tulisan Welcome to Dieng, biar eksis.

Koko Gue dan Vallene

Malam itu malam takbiran, suasana di jalanan sangat rame karena banyak warga yang konvoi motor dan banyak anak kecil main petasan. Gue memilih untuk tidur cepet karena besok pagi berencana sunrise-an di Sikunir.
Alarm gue jam 4.30 bunyi, gue langsung bangun dan ngajak Jablay (gausa ditanya ini siapa, karena tidak semua hal perlu kalian ketahui :p) ke Sikunir. Gue nyetir dulu sekitar 30 menit dari homestay ke daerah desa Sembungan, barulah ngedaki ke bukit Sikunir. Medannya gak terlalu berat sebenarnya, sedikit nanjak dan berundak. Cuma tetep aja gue engap-engapan. 30 menit doang sih buat nyampe atas dan bakalan dapet pemandangan kaya gini:

Siluet saat sunrise

View Gunung dari Puncak Sikunir

Jam 6.30 gue turun ke bawah lagi dan balik ke homestay terus gue langsung tidur. Hari itu bertepatan dengan hari Lebaran, semua masjid sedang melaksanakan sholat Ied berjamaah. Sekitar jam 10 gue bangun, gue ngajakin Koko gue dan Vallene buat makan. Terus gue ajakin juga ke Candi Arjuna. Gue bilang ke koko gue, “Elu liburan kagak pengin jalan-jalan apa ngunjungin tempat wisatanya?” “Gue mah mending tidur nyantai dengan hawa adem” sahutnya, “emang kita beda aliran” kata gue dalam hati. Tapi gue tetep ajakin dia ke Candi Arjuna sehabis makan.

Kawasan Candi Arjuna

Gue bilang ke Koko gue, pengin sunrise-an di Prau keesokan harinya, begitu gue ajakin udah pastilah ditolak sama dia. Mana mau dia bangun tengah malem cuma buat liat sunrise. Hahaha. Tapi dia bantuin gue cari guide, karena gue sendirian dan emang nggak bawa perlengkapan selayaknya naik gunung. Maklum yah, packing serabutan. Pas kita makan kebetulan di rumah Bu Djono, disana menyediakan guide buat summit Prau, terus koko gue nanyain ke Pak Kelik yang sedang jaga. Beliau bilang, nanti malam jam 7 atau jam 8 malam konfirmasi lagi untuk mengecek apakah ada yang summit atau enggak. Yang jelas kalau mau summit, harus kumpul jam 2 pagi.

Selepas dari Candi Arjuna, kami menjemput Jablay dan supir ke homestay, gue ajakin mereka ke Kawah Sikidang. Kita pergi kesana bener-bener gak punya itinerary, jadi mereka ikut kemana tempat wisata yang mau gue datengin berdasarkan hasil browsing. Hahaha.

Kawah Sikidang

Dari situ, gue ajakin mereka lagi ke sumur Jalatunda. Sumur ini dikenal dengan tempat persugihan buat yang percaya. Mereka harus melemparkan batu ke dalam sumur sejauh-jauhnya kemudian menyampaikan permintaannya. Niscaya kesampean. Pas sampe sumur Jalatunda, semua komentarnya cuma begini, “yailah, cuma beginian doang? Udah bayar, harus naik tangga cuma liat ginian” Dan gue cuma ketawa. Hahaha.

Sumur Jalatunda

Perjalanan dari satu tempat ke tempat lain di Dieng sangatlah gue nikmati karena pemandangannya indah banget dan bernuansa hijau. Maklum yah, gue kan green nature fanatic :p

Hijau

Habis dari sumur, semua minta balik homestay dan gue manut. Terus disana gue mainan handphone doang sembari tidur-tiduran sampe bablas ketiduran. Hawanya adem, kalo gak ngantuk, ya laper.

Begitu jam makan malam, gue bilang sama koko gue buat nyobain mie ongklok. Kata kebanyakan orang, belom ke Dieng kalo belom nyobain mie ongklok. Akhirnya dia pun menyetujui.

Mie Ongklok

Mie ongklok itu mie dan kol rebus yang disiram kuah kacang kental dan ditaburi potongan tahu bacem. Gue doyan! Enak.

Habis makan, gue bareng koko gue, ke rumah Bu Djono lagi buat konfirmasi Prau. Terus Pak Kelik bilang, ada guide buat sunrise di Prau, nanti barengan sama 2 bule juga. Karena si Jablay mau ikut juga, jadi nanti ada berempat yang summit. Jadi bisa share cost.

Btw, Bu Djono adalah sepuh di Dieng. Beliau dulunya sanga menguasai area Dieng, namun semenjak tiada, diteruskan oleh Pak Kelik dan keluarga yang lain.

Sehabis dar isana, kami balik ke homestay dan gue langsung memilih untuk tidur karena jam 2 pagi harus kumpul di rumah Bu Djono. Tepat jam 1.30 gue bangun, siap-siap bangunin Jablay dan supir yang kebetulan mereka sekamar buat minta anter ke rumah Bu Djono.

Disana gue kenalan sama 2 bule yang akan barengan, mereka dari Vienna – Austria, namanya Christo dan Grundu. Setelah berkumpul, kita mulai start mendaki via jalur Dieng dan bayar registrasi 10rb per orang. Nama guide gue mas Ope, warga lokal.

Karena gelap, gue sama sekali gak tau medan pendakian seperti apa, pokoknya gue cuma jalan doang, nanjak dan banyak bonusnya. Gue sampe puncak setelah 2 jam mendaki 2565mdpl, kemudian diajak ke camp ground, best spot buat enjoy sunrise. Begitu sunrise, kita poto-poto dong.

Gunung Prau

Dinginnya disana parah banget. Mungkin karena lagi musim kemarau juga kali ya, jadi dinginnya dobel. Terus anginnya kenceng banget! Brr.

Disana selain bisa liat sunrise, bisa ngelihat gunung Lawu, Merbabu, Merapi, Sumbing dan Sindoro juga. Keren. Selesai darisana kita pulang lagi lewat jalur yang sama saat naik dan menjumpai padang teletubies, yang katanya area tertinggi terbaru di Prau 2582mdpl, tapi masih di teliti lebih lanjut. Nah, disana bisa lihat Dieng secara keseluruhan. Teraseringnya kelihatan jelas bahkan telaga warnanya juga kelihatan. Selain itu bisa lihat Gunung Selamet dan Ciremai juga. Priceless.

View from padang teletubbies

Terus kami melanjutkan perjalanan turun ke bawah dengan total 2 jam. Pemandangan selama pendakian indah semua, kalo disuru balik lagi gue juga mau 😀

Begitulah kisah gue di Dieng, selanjutnya gue menuju ke Guci, Tegal. Gue sih ikut kemana koko gue pergi aja. Hahay!

See you Dieng 🙂

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh