Kuliner Enak Bukittinggi – Padang

Kuliner adalah sebagian dari itinerary wajib kalau gue sedang berkunjung ke suatu daerah tertentu. Mencicipi makanan khas di daerah asalnya, merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat gue. Kali ini gue mau nge-list beberapa kuliner enak yang sempet gue cobain waktu trip ke Padang dan Bukittinggi, 20-23 November 2014 lalu yang disponsori oleh Motion Radio 97.5 FM dan TX Travel

Nasi Kapau

Nasi Kapau

Nasi Kapau

Merupakan nasi rames khas Sumatera Barat yang terdiri dari nasi, sambel lado ijo, lauk pauk serta gulai. Mostly, lauk nasi kapau bersantan dan oily, seperti: rendang, teri balado, gulai tunjang, ayam panggang, ayam pop, dendeng, ikan bakar dan sebagainya. Di Bukittinggi, banyak pedagang nasi kapau di pinggiran jalan utama. Penyajian nasi kapau jika makan perorangan biasanya nasi dan lauk akan digabungkan menjadi satu dalam satu piring, sedangkan jika makan bersama, pilihan lauknya disajikan di tengah meja menggunakan piring-piring kecil. Kisaran harga nasi kapau sendiri bergantung dari jumlah lauk yang dimakan, biasanya 15 – 50ribu per orang. 

Sate Mak Syukur (SMS)

Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur

Sate yang dijual di kawasan Padang Panjang ini, berbahan dasar daging sapi. Sate khas Sumatera Barat ini memiliki kuah kental berwarna kuning yang terbuat dari kacang ditambah cabai sehingga rasanya sedikit pedas. 1 porsi sate terdiri dari 9 tusuk, namun bila menggunakan lontong, satenya 7 tusuk. Harga per porsi adalah 25 ribu. Lokasinya SMS dapat dijumpai saat menuju Bukittinggi dari Padang, Jl. Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang 23.

Itiak Lado Ijo

Itiak Lado Ijo RM Ngarai

Itiak Lado Ijo RM Ngarai

Ini merupakan kuliner paling istimewa dan maknyus di daerah Bukittinggi dan sekitarnya. Kuahnya yang menggumpal berbumbu cabe ijo bisa dijadikan sebagai sambal colek untuk si itiak (bebek). Bumbu dasar makanan ini selain cabe ijo itu sendiri adalah kemiri, bawang, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun kunyit, daun jeruk dan garam secukupnya. Tidak memakai santan loh walaupun kuahnya kental. Cara memasaknya, bebek di asap terlebih dahulu kemudian dimasukan dalam bumbu yang sudah dihaluskan serta ditumis kemudian bebek diungkep sampai empuk. Makanan ini sangat enak dimakan bersamaan dengan nasi hangat. Lokasi penjualan makanan ini dekat Ngarai Sianok, di RM Ngarai, Jl. Ngarai Binuang 41 Bukittinggi.

Popiah

Popiah

Popiah

Popiah merupakan sebutan untuk lumpia basah di area Sumatera. Kali ini saya berkesempatan mencicipi popiah yang berisikan dominan rebung, wortel, ayam dan bawang goreng serta saus sambal. Saat makan, saus sambalnya bercampur dengan isi lumpia yang bervariasi tersebut bikin mulut berasa pedas, krenyes dan penuh rasa.

Kue Bika

Kue Bika yang sering dikenal juga dengan kue neraka

Kue Bika yang sering dikenal juga dengan kue neraka

Kue Bika disebut juga dengan kue neraka karena dimasaknya diantara kedua api pada sisi atas dan bawahnya. Kue bika bentuknya seperti surabi namun rasanya wingko. Nah loh?! Teksturnya berserat lembut namun empuk. Rasanya manis dan kelapa banget. Cocok dimakan sambil ngopi atau dicelup ke dalam kopi hitam. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung beras, tapai singkong, santan, kelapa parut dan gula. Bisa dibeli di Jalan Raya Padang – Bukittinggi (samping polsek koto baru) ya. Selamat menikmati!

Kopmil (Kopi Milo)

Kopi milo di daerah Pecinan, Padang

Kopi milo di daerah Pecinan, Padang

Kalangan anak muda di Padang saat ini suka sekali minum Kopmil yang sebenarnya kependakan dari Kopi Milo. Dari namanya saja sudah tau bahwa komponennya kopi dan susu milo ya. Rasanya perpaduan antara susu kental manis, cokelat milo dan paitnya kopi. Paling enak diminumnya pake es pas siang-siang panas. Kopmil bisa dijumpai di daerah Pecinan Padang sebrang klenteng. Ini semacam minuman wajib di Padang sampai ada jargon ‘belum ke Padang kalo belum minum kopmil’.

Es Durian

Es durian original, Ganti Nan Lamo

Es durian original, Ganti Nan Lamo

Sumatera sangatlah terkenal dengan durian, salah satunya kota Padang. Disini durian banyak yang diolah menjadi es duren, walaupun ada juga yang dimakan langsung buahnya. Es durian disini pada dasarnya adalah durian yang dihaluskan (jus –red.) kemudian ditambahkan dengan es serut. As simple as that. Ada beberapa toko juga yang memvariasikan dengan tambahan buah atau jelly di dalamnya. Di Padang, 2 toko yang terkenal dengan es duriannya adalah Ganti Nan Lamo dan Iko Gantinyo di kawasan Jalan Nipah.

Anyway happy lunchyy!

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh