Mie, Kwetiau, dkk.

 

IMG_8225

Gue suka mie? Iya.

Gue suka kwetiau? Iya.

Gue suka bihun? Iya.

Gue suka lo mie? Iya.

Gue suka makan? Iya banget. Buat gue, makanan itu cuma enak atau enak banget. Kalo sampe gue bilang makanan itu nggak enak, berarti parahnya udah kelewatan. Eits, tapi ini soal selera ya! Anyway, karena gue suka makan dan foto makanan sebelum memakannya, gua mau kasi beberapa referensi mie , kwetiau, bihun yang enak yang pernah gue makan. Silahkan dicoba loh kalo minat, siapa tau selera kita sama :’)

1. Mie Ayam Cemara

mie yamin cemara

Jl. Cemara Gg. 5 Blok B No. 35 Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Mie rumahan yang empuk dan kenyal. Gue paling suka ditambah baso atau pangsit plus kuahnya dikasi lobak. Yumm. Range Harga 10rb – 15rb.

2. Kwetiau Bun Peng Hie

kwetiau bun peng hie

Setau gue, Peng Hie ada 2 lokasi, di Jalan Jl. Boulevard Raya QA 3 No. 12A, Kelapa Gading, Jakarta dan di Jalan Danau Sunter (sebrang Mall Sunter). Gue paling suka kwetiau bun kalo disini, tapi ada juga kwetiau goreng, siram, baso dan menu lainnya. Range harga 30rb – 40rb.

3. Mie Ayam Medanmie medanMie ayam yang satu ini gue suka karena tekstur mie nya yang kecil dan dagingnya banyak. Gue nyoba ini di Jalan Semarang, kawasan Chinatown, Medan. Kuahnya gurih ayam banget. Cocok dihiup sambil ngunyah mie. Slurp.

4. Bakmie GMbakmie GMGue yakin semua pada tau bakmie GM. Yang gue suka dari mie ini, karena bentuknya yang tipis dan ayamnya bumbu semur yang manis kecap. Pangsit gorengnya juga juara banget, rasanya kalo makan bakmie GM itu susah berhenti kalau belum habis 😀 range harga 20rb – 30rb. Bakmie GM bisa ditemuin di banyak mall, seperti MKG, Love, Sency, PIM, Thamcit, Cibubur Junction, Empo, dll.

5. Lamien Kuah Golden Centurymie ramen golden centuryGue suka lamien yang kecil biar ngunyahnya nggak susah. Terus gue suka yang kuah karena bisa dihiup sambil ngunyah, jadi nggak berasa kering banget. Lalu gue suka juga lobaknya yang sangat empuk cenderung rapuh. Dan paling juara sambelnya yang oily, pedas dan asin, kalo diaduk sama kuahnya, juara! hihi. Golden Century bisa ditemukan di GI, PS, PIM. Range harga 50ribu.

6. Mie Bebek Din Tai Fungmie bebek din tai fungGue suka ini karena warnanya hijau (gua green lover, anyway :D). Sebenarnya tekstur mie nya sama aja kaya mie lain, kecil dan kenyal. Cuma kalo ditambah bebek pas makannya berasa yummie aja, terus kuahnya itu pake bumbu buat panggang bebeknya. Gurih, asin manis, kebayang dong rasanya bagaimana. Hehe. Din Tai Fung bisa ditemukan di sini.

7. Bakmie Babi Kofei

mie  baji pamai

umm..liat deh babinya, uh la la. Makan mie yang kenyal pake babi manis rasanya uenakkk tenannn. Rasa mie-nya sendiri seperti mie mie instant sebenarnya tapi toppingnya itu loh yang menggiurkan. hihih. Bakmie kofei bisa ditemuin di Jl Raya Hybrida RB 1 No. 18, Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14240

8. Mie Nyemek Bu Seto, Banyumasmie cemek purwokerto

 

Liat mie nya deh, unik yah? agak lebar dan tipis. Dimasaknya dengan sedikit kuah dengan rasa gurih ditambah sayuran dan potongan ayam. Ditambah pula irisan tomat, seger banget makannya. Gue waktu itu cobain di banyumas, terkenal loh ini 😉 alamatnya disini : Jalan Raya Buntu Gombong KM 4, Banyumas, Jawa Tengah.

9. Mie Karet Foekmie karetMie yang satu ini, tingkat kekenyalannya beda dari mie lainnya. Udah bener bener kaya karet. Menurut gue termasuk dalam golongan mie kecil yang mudah dikunyah. Bisa didapati di Jl. Gading Elok Barat 3 CF-1 No. 1 Just Behind Apartment Wisma Gading Permai.

10. Bakmie Bintang Gadingbakmie bintang gading

Beginilah salah satu ciri khas bakmie khas Makasar, mie nya agak besar dan babinya panggang kering. Enak banget loh, satu porsi langsung kenyang engap. Bakmie ini bisa didapatkan di Jl. Kelapa GadingBoulevard No. 20-21, di Muara Karang dan di Alam Sutera.

11. Mie Ayam Gang Kelinci Pasar Barumie gang kelinci

Mie kecil, kenyal dan empuk ini salah satu mie yang paling gua doyan. Pasalnya, ngunyahnya cepet dan gampang makannya. Terus toppingnya yang banyak juga (jamur, ayam potong, ayam suir semur) bikin rasanya jadi variatif. Gue cobainnya di Pasar Baru dan ini emang legendaris banget. Silahkan dicoba ya!

12. Mie Gondangdia

mie gondangdia

 

Kalau diperhatiin, model mie yang gue suka kebaca ya. Kecil, kenyal dan empuk. Hihihi. Ini juga salah satu mie legendaris di Jakarta, bisa ditemuin di Menteng. Range harga 25ribu – 50ribu.

13. Lo Mie, Mie Hing Hua (Laris Manis)

mie hing hua - lo mie Lo mie yang satu ini , toppingnya buanyakkkk bangettt. Dari seafood sampai sayur mayur semuanya komplit. Porsinya besar, gue makan sendiri ampe kekenyangan parah. Bisa didapati disini ya : Jl. Danau Sunter Utara Blok B18 No.8 Jakarta Utara. Range harga 50rb – 60rb

14. Mie Abang Adekmie abang adek

 

Buat yang suka pedes, gue saranin kesini deh. Mie instant yang dicampur denngan cabe uleg rasanya luar biasa pedess ampe bikin perut panas. huehehe. Yang mau tes pedes bisa dicoba disini ya : Jl. Mandala Utara No.8 Tomang, Jakarta Barat (Belakang Roxy Square)

15. Mie Encikmie encikBuat karyawan Astra yang kerja di daerah Sunter, pasti familiar dengan mie ini. Mie yang di jual di Jl. Gaya Motor 3 ini pas banget loh buat sarapan dan murah meriah. Range harga 10rb – 15rb.

16. Mie Gerobak depan St. Theresia

mie deket gereja santa theresiaMie dengan kuah semur ayam yang banyak banget ini enak banget loh, tasty. Ah ya, jangan lupa pake sambel biar berasa puedesnya. Mie ini dijual di depan gereja St. Theresia, Menteng.

17. Udon MarugameUdon marugameKuah kari kental dan irisan daging yang dimakan dengan udon rasanya uenak tenan. Mulut langsung penuh sama halnya dengan perut yang langsung merekah. Hahaha. Gue nyobainnya di Kota Kasablanka 🙂 Cengeknya juga kudu wajib dimakan bareng kuah kentalnya yang manis itu! Enak lahh!

18. Bakmie TAN

bakmi tan moiLagi-lagi ketemu sama mie kecil, keriting dan kenyal. Kali ini ditemukannya di ruko Mall of Indonesia. Ciri khas dari mie ini disajikannya dengan baso goreng yang udah dipotong-potong. Enak deh. Haha, gue ampe bingung mau ngetik apa, saking cuma tau enak dan enak banget :))

19. Kwetiau Aliang, PIK

kwetiau aliang

Ugh, kwetiau goreng pake irisan babi madu rasanya perfecto. Kenyal dari kwetiau dan garingnya babi yang manis rasanya bikin mulut susah berhenti buat ngunyah deh. Ada juga irisan babi merah dan baso ikan sebagai pelengkapnya, kenyaanggg!

20. Dry Green Noodlemie hijao madame cing Rasa mie ijo diatas ini gurih kenyal. Topping ayam-nya banyak dan nggak kalah tasty. Jangan lupa pas makan sambil menyeruput kuah-nya, sempurna! Mie ini bisa ditemuin di Madame Ching, Restoran Vietnam yang memiliki dekorasi oriental. Makanannya enak, suasana sekitar juga nyaman 🙂

21. Ramen Babi Silver Mie Merah

mie ramen ikkousha

Ramen diatas bisa ditemuin di Hakata Ikkousha, rasanya agak spicy tapi manjain lidah banget. Buat yang suka pedes, cocok banget makan ini. Ditambah irisan babi dan telur setengah matangnya di atasnya ngebuat ramen ini jadi kumplit. Tekstur mie-nya selayaknya mie lain cuma aja warnanya merah. Unik.

22. Mie Celormie celor 26 ilir

Makanan ini cukup terkenal di Palembang. Mie dengan kuah kental ini cocok di santap buat sarapan pagi. Bentuk mie nya yang agak besar, bikin perut cepet kenyang. Mie celor di bisa di temuin di 26 Ilir, Palembang ya.

23. Mie Atet, PalembangMie Atet palembang

Sebelum makan, peraskan terlebih dahulu jeruk limau diatasnya untuk memberikan suasana segar pada lidah saat kita memakannya. Rasanya gurih! Bisa ditemuin di depan gereja BPKB, Veteran – Palembang.

24. Mie Yamin Roxymie yamin roxy Buat gue mie yamin Roxy ini tidak jauh berbeda dengan yamin lainnya yang kenyal dan penuh dengan kecap. Hanya saja pada bagian toppingnya ada ati ampela yang jarang gue temuin di penyajian mie lain. Pesan gue, sebelum makannya diaduk ulang dulu sampai seluruh bumbunya menyatu ya biar rasanya lebih meresap. Gue cobain ini di Mie Roxy yang di Cikini.

25. Mie Goreng Laiker

mie goreng laiker

Siapa sih yang nggak tau mie tarik laiker? Secara banyak kita temuin dimana-mana. Nah, gue suka sama mie ini karena bumbunya nyerap ke mienya, manisnya kecap dan gurihnya bumbu lain ningkatin nafsu makan. Toppingnya rame juga, ada seafood, telur dan sayuran. Ah ya, mie nya juga nggak lengket satu sama lain, jadi bener-bener berasa tiap helainya. \(‘o’)/

26. Bakmie Babi WW, Ketapang

mie ketapang

Mie ini bentuknya kecil dan keriting. Kenyal seperti kebanyakan mie biasanya, hanya saja potongan babi merahnya manis dan gurih. Makan mie ini paling cocok sambil ngunyah bakso goreng yang berasa banget dagingnya, serta garing dan empuk.

27. Mie Bebek Ce Weimie bebek ceweiMie yang kecil dan halus ini, gue makan menggunakan sendok kaya lagi makan nasi. Soalnya licin banget :)) Bebeknya empuk dan nggak bau. Rasanya gurih. Buat gue sih yang penting kalo daging itu empuk dan mie itu kenyal. Udah gitu aja udah enak, tapi harus berasa dongggg 😀

28. Mie Godog Jape Methe, Tebet

mie godog jape metheMie ini anget banget dan cocok dimakan pas hujan, karena bisa bikin perut anget. Bentuk mie nya sendiri kecil dan keriting dengan kuah seperti mie instant tanpa penyedap rasa. Toppingnya beragam sesuai selera, ada ayam, ati, ampela, baso, dll sesuai pilihan.

29. Mie Sakaumie sakauMie sakau ini punya level kepedasan yang berbeda sesuai selera. Bisa di temuin di Cafe Dermaga, Pantai Mutiara. Kelihatannya memang seperti yamin, tapi begitu dimakan pedesnya bikin kepala panas. Buat pecinta pedes, ini wajib banget dah dicobain, apalagi suasana cafenya yang nyaman sambil liatin kapal pesiar *apa hubungannya?* lol

30. Bihun Bebekbihun bebek Bihun bebek ini enak, silahkan dicoba sendiri. :p Bisa ditemuin di Pluit Sakti Raya no. 49. Namanya Bihun Bebek 75.

31. Kwetiau Goreng

 

kwetiau medan

 

Kwetiau goreng ini bisa di dapetin di Kelapa Gading, dekat polsek. Nama lokasinya kwetiau Citra Medan. Kwetiaunya kenyal dan hancuran telurnya nempel di kwetiau, jadi pas makan berasa telurnya. Irisan babinya pun dipotong kecil biar sekalian dikunyah sama kwetiaunya. Enak! Jangan lupa juga minumnya Badak ya, berasa makan di Medan langsung. Eh.

32. Kwetiau Siram

Kwetiau siram mabesKwetiau ini bisa didapetin di Mangga Besar, Medan Pasar Ramai. Kuahnya yang kental dan kwetiau yang kenyal serta toppingnya yang variatif membuat menu ini so tastyyy. Gurih. Silahkan dicoba 🙂

 

 

You may also like...

8 Responses

  1. pipit says:

    aaaaa jadi laper nih liatnya 😀
    kalo ke bandung ane rekomendasiin ya di mie naripan 😀

  2. Reka says:

    banyak yang ga halal 🙁 tapi lengkap sih referensinya, jadi tau mana yang bisa didatengin dan mana yang enggak. ihik

  3. pipit says:

    jangan lupa mampir ya ke mie naripan yang legendaris dan enak jl.naripan bandung http://www.facebook.com/mienaripan/

  4. Misscepat says:

    Kak bisa coba nanami, ramen pedesnya enak lho

  5. rahma says:

    Jika butuh kwetiau mentah untuk di jual lagi,bisa hubungin saya di 081281359652

  1. January 31, 2017

    […] it! list bakmi yang ada di Kelapa Gading yang pernah gue coba. Oiya, gue juga pernah bahas mie, dkk disini. Cek dan ricek juga […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh