Tanya & Jawab Trip Ke Jepang

Jepang
30 Des 2015 – 8 Jan 2016 lalu, gue menunaikan family trip ke Jepang tanpa menggunakan travel agent. Semua diatur sendiri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Walaupun dengan keterbatasan yang ada, semua merasa senanggg! MISSION ACCOMPLISHED! Sepulang dari sana, banyak pertanyaan berulang yang ditanyain sama temen-temen. Gue mencoba merangkumnya dan semoga bisa berguna buat kamu yang mau ke Jepang.

Naik pesawat apa dan harganya berapa per penumpang?
Kami naik pesawat Cathay Pacific yang dipesan pada saat promo berlangsung di bulan November dengan harga per penumpang adalah USD 483.71 untuk rute CGK – KIX – CGK dan transit di Hong Kong. Kondisi selama di pesawat sangat menyenangkan karena banyak media hiburan dan disediakan makanan (ini penting!) serta selimut dan bantal untuk penerbangan malam hari.

Kemana saja waktu trip ke Jepang?
Berikut adalah destinasi kami:
1. Osaka: Dotonbori, Shinsaibashi, Midosuji Winter Illumination dan Universal Studio Japan.
2. Kyoto: Kyoto Imperial Palace, Nishiki Market, Goo Shrine, Fushimi Inari Shrine
3. Honoki Daira Ski Resort, Yamagata
4. Shirakawa Go, Gifu
5. Tokyo : Disney Sea, Fujio F Fujiko Museum, Tokyo Tower, Shinjuku, Shibuya
6. Lake Kawaguchiko, Yamanashi near Mt. Fuji

Nginepnya dimana dan harganya berapa?
Kami menginap di 3 kota berbeda yaitu
1. Osaka: B10 Huge prvt apt NAMBA 難波 心斎橋 905 yang dipesan via Airbnb. Ruangannya tidak begitu besar, namun fasilitas lain (ruang makan dan dapur) cukup nyaman untuk masak dan makan.

2. Takayama: Hida Takayama Washington Hotel Plaza dan Hida Takayama Washington Hotel Plaza yang dipesan via Agoda. Ruangan kamar tidak begitu besar namun menu breakfast yang disajikan sangat bersahabat dengan perut gue. Di sekeliling hotel penuh dengan restoran.

3. Tokyo: NP2s-1 Great Access Narita/Asakusa yang dipesan via Airbnb. Ruangan kamar tidak begitu besar, toilet manual namun di sekitar apartemen banyak tempat makan enak.

Makanan disana ada apa aja?
Makanan yang ada disana seputar: sushi, katsu, ramen, shabu-shabu, BBQ, foodstreet (takoyaki, okonomiyaki,dll), seafood, gyudon dan makanan Jepang lain seperti yang kebanyakan tersedia di Jakarta. Kalau bingung mau ke restoran mana, masuk aja ke mini market seperti sevel, ministop untuk beli makanan dan langsung minta dihangatkan dengan microwave, murah meriah.

Bagaimana cara ke Shirakawa-go?
Gue pergi ke Shirawaka-go dari terminal bus Takayama. Beli tiket bus pagi-pagi sekitar jam 6 pagi di hari yang sama dan langsung beli tiket untuk PP. Kamu bisa cek jadwal bus dan harganya disini.

Bagaimana cara ke Lake Kawaguchiko?
Gue naik bus dari stasiun bus Shinjuku dan langsung menuju ke stasiun Kawaguchiko dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 45 menit. Tiket pun belinya di hari yang sama dan langsung pesan untuk return ticket. Sesampainya disana, jika kamu mau mengelilingi danau, kamu bisa naik bus keliling Lake Kawaguchiko dengan tarif tertentu. Kalau gue kemarin, dari terminal bus Kawaguchiko jalan sekitar 15 menit menuju danau lalu naik bis keliling untuk menuju spot foto dengan latar belakang Gunung Fuji. Di sekitar sana kamu bisa naik gondola untuk melihat danau dari atas dan naik perahu untuk keliling danau dengan tarif tertentu.

Selama disana transportasinya bagaimana?
Sewaktu disana transportasi yang gue gunakan adalah train (termasuk shinkansen) dan bus. Rute train disana sangat banyak, pelajari dengan teliti untuk menghemat biaya transportasi. Karena jujur saja, buat gue, biaya transportasi di Jepang itu cukup mahal. Kamu bisa cek schedule, durasi dan tarif train di hyperdia.com dan untuk bus bisa cek di willerexpress.com, highwaybus.com (Japan only).

Bagaimana kondisi kota disana?
Kondisi kota di Jepang sangat menyenangkan: bersih, teratur dan tenang. Will be back def! 😉

Bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lokal?
Berhubung gue gak bisa bahasa Jepang, gue berkomunikasi pake bahasa inggris (sukur-sukur kalo mereka ngerti), google translate dan terkahir adalah BAHASA TUBUH. It works guys!

Beli tiket wisata dimana?
Semuanya gue beli on the spot, nggak ada yang online kecuali pas mau ke museum fujio f fujiko, itu harus beli di lawson, karena tidak dijual tiket on the spot. Nanti akan ada mesin tiket khusus yang menjual tiket museum itu. Setelah pesan di mesin tiket tersebut, lakukan pembayaran di kasir lawson.

Kira-kira begitulah jawaban yang bisa gue berikan, semoga bisa memberikan pencerahan yah. Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa langsung comment saja. See ya!

You may also like...

12 Responses

  1. Yulia says:

    You had a great journey 🙂 Dibandingkan ikut tour, bisa irit berapa duitkah? Thanks.

  2. Jessica says:

    Hai kak, mau tanya yaa

    Desember nanti aku bakal ke Jepang, dari tanggal 26 Des – 6 Jan

    Nah ini aku bingung banget transportasi nya. Awalnya yang terpikir itu pasti beli JR Pass (maunya beli yang 7 hari aja), tapi setelah dihitung-hitung, kok kayaknya biaya JR Pass ini bakal lebih mahal daripada tanpa JR Pass.

    Nanti aku cuma ke 2 kota aja. Tokyo dan Osaka.
    Kira-kira gini: Haneda – Tokyo – pindah Osaka tanggal 2 – balik Indonesia
    Ada yang bilang kalo one way trip, JR Pass itu memang lebih mahal, tapi aku masih bingung juga nih hehehe
    JR Pass itu sekitar 29100 Yen
    Shinkansen (Nozomi) Tokyo – Osaka sekitar 14500
    Katakanlah aku ada sisa 14600 Yen untuk puter-puter di Tokyo dan Osaka
    so bakal lebih mahal kayaknya kalo pake JR Pass
    menurut kakak perlu JR Pass ato nggak nih? heheh

    makasih ya sebelumnyaaa

    *kalo boleh, minta kontak LINE ato WA nya boleh gaa, hehehe. buat tanya”

  3. Sandra says:

    Sis kalo dr jkt osaka by cathay , total brp jam? Transitnya lama ga? Tq

    • eanindya says:

      Transitnya sekitar 4 jam totalnya 10an jam kira-kira. Beda flight, beda durasi transitnya, tergantung kita pilih yang mana 🙂

  4. panjirayrizki says:

    Cerita dong tentang pedestrian di sana. Jalan kaki di sana enak banget ya, kalo nyeberang mobil pada berhenti semua, sampe saya pernah tantangan nyebrang di Jepang tanpa nengok kanan kiri (pas lampu penyeberangan nyala warna hijau tentunya), ga ketabrak! Saya pernah ke sana, gratis, karena tugas kantor. Jepang itu ngangenin bagi saya.

  5. Rosie says:

    selamat siang mbak sy mau minta rekomendasi selama nanti saya ke japang transportasi yang murah apa yah ini jadwal saya selama di Jepang
    Hari ke 1
    Cengkareng – Haneda by garuda malem
    Haneda – Tokyo naik apa yang murah ?
    Jadwal di Tokyo : selama di Tokyo transportasi yang murah apa?
    Hari ke 2 – ke 5 : Di Tokyo
    Tokyo – FUJI-Tokyo : naik apa yang murah?
    -kawaguciko
    Hari ke 6 Tokyo to KYOTO : naik apa yang murah ?
    -bamboo grove
    Hari ke 7 : Kyoto to OSAKA naik apa?
    – golden temple
    Hari ke 8 : Selama di Osaka naik apa ?
    Minami-Temma Park, Dotonbori
    Osaka bandara naik apa yah?
    OSAKA to JKT (pswt malam)

    • eanindya says:

      Hi basically di Jepang itu jenis transportnya ada banyak sekali dan harga pasti sebanding sama kualitas (lama perjalanan, kenyamanan di dalam kendaraan dsb). Buat aku pribadi, biaya transportasi di Jepang itu mahal jadi kalau ditanya mana yang murah, aku juga bingung. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh