Kita memang berbeda, tapi tidak dengan CINTA (2)

Tanggal pernikahan pun ditetapkan. Kami mulai merencanakan detail: gaun dan jas pengantin, seragam keluarga, kursus pra nikah, catering dan dekorasi serta perintilan lain yang rasanya nggak ada habisnya. Belum lagi ditambah permintaan keluarga yang bikin senewen. “Gini banget yah persiapan mau nikah? Apa orang lain yang mau menikah kaya gue juga?” gumam gue dalam hati sembari menuliskan daftar undangan untuk resepsi.

Dan kini tinggal menghitung hari. Detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari berlangsung dengan sangat cepat. Gue semakin deg-degan.
“Ma, telfonin papa dong, bilangin jangan lupa nanti dateng jam 10 di gereja yah pas hari H. Jangan ampe telat nanti malu sama tamu” pinta gue ke nyokap. “Oke” jawabnya cepat. Orang tua gue udah pisah rumah sejak belasan tahun yang lalu. Nyokap gue tinggal di Bandung bareng gue sedangkan bokap gue tinggal di Surabaya. Gue sengaja minta tolong nyokap gue buat telfonin bokap buat mereka latihan berkomunikasi biar gak canggung banget pas ntar di gereja ataupun pelaminan.

Di layar HP gue, muncul notifikasi sms yang isinya:

“MAMA udah telpon bapak kamu dan dia gak setuju kamu menikah sama Adit”

Pas gue baca itu, langsung mbrebes mili. “Yaampun Tuhan, masalah apalagi yang terjadi? Udah sebentar lagi gue nikah, si Papa malah gak setuju. Kenapa gak dari awal aja sih ngomongnya?” ungkap gue dalem hati dengan tumpukan kekesalan.

Gue langsung telfon nyokap dan ngomong dengan nada tinggi: “Mama, ngomongnya gimana sih sama si Papa? Kenapa sekarang si Papa nggak setuju? Kenapa gak dari dulu? Papa kan udah kenal Adit 3 tahun yang lalu, kenapa baru sekarang ngomong nggak setuju?” “Loh, kenapa kamu malah marahin mama? Urusin sendiri wes bapakmu. Mama udah capek sama bapakmu” bales nyokap kesal dan telfon pun langsung di tutup.

Gue langsung ke toilet, meratapi nasib dan nangis sejadi-jadinya. Gue udah gak ngerti lagi sedihnya kaya gimana. Gue duduk di atas kloset dan nangis sampe sepuasnya. Gue belajar untuk bangkit dari kesedihan gue dan mencoba kembali untuk berpikiran jernih.

Namun gue udah terlalu capek, keluar dari toilet gue menuju kulkas untuk mengambil beberapa bongkah es batu dan langsung ngompres mata kemudian gue memilih untuk tidur.

Keesokan harinya gue cerita ke Adit tentang apa yang terjadi sebelumnya. Dia sangat shock dan diam seribu bahasa. Gue yakin dia sedih. Gue bilang ke dia kalo barusan gue telfon Papa dan beliau gak setuju gue nikah sama Adit karena tinggi badan Adit yang kurang, menurut versi bokap gue.

“Bener-bener gak logis, bokap gue kayanya sarap” curhat gue Stefani dengan sedikit emosi
“Kenapa lu?”
“Bokap gue gak setuju gue sama Adit karena menurutnya tinggi badan Adit kurang. Lu bayangin yah, 3 tahun yang lalu waktu kami ketemu sama Bokap gue, Bokap gue fine-fine aja tuh. Ngopi dan ngerokok bareng sama Adit sembari cerita-cerita. Terus sekarang baru dia bilang kalo dia gak suka sama fisiknya Adit. NGGAK LOGIS BANGET KAN?!”
“Coba tarik nafas kemudian hembuskan perlahan” pinta Stefani ke gue.
“Bapak gue gila kali ya, dia pikir fisik anaknya sempurna apa? Dia pikir anaknya cantik kaya Kate Middleton apa? Hari gini koq ya masih bahas fisik? Nggak habis pikir lagi deh gue!!”
“Hmmmm.. emang kalian terakhir ketemu sama bokap lu kapan?”
“3 tahun yang lalu itu, selebihnya kita gak pernah lagi berdua-dua ketemu bokap secara langsung. By phone aja. Dia juga gak peduli sama gue!! Nggak ngempanin gue, nggak kasi makan gue!! Nyokap doang yang banting tulang dari semenjak mereka pisah!!” ucap gue dengan berjuta kekesalan kepada bokap yang seenaknya ninggalin nyokap dan anak-anaknya.
“Maaf ya bukan bermaksud mau menggurui atau gimana, sepertinya bokap lu pengin elu berdua dateng nemuin mereka untuk kulo nuwon. Yaah..namanya orang tua, mau ngelepas anaknya ke orang lain, dia kan harus memastikan kalo anaknya jatoh ke tangan yang tepat” jelas Stefani.
“Gak tau lah, gue udah tau tabiat bokap gue. Dia keras. Sangat keras. Gue gak yakin dia bakal restuin pernikahan kami”
“Terus kalo gak dapet restu bokap, lu bakal lanjutin pernikahan lu?” Tanya Stefani
“ENGGAK BAKALAN!!! Gue punya prinsip kalo menikah itu menyatukan keluarga. Kalau salah satu dari keluarga kami ada yang gak setuju mendingan diselesaikan saja semuanya. Bubar wes bubar. Apalagi bokap gue, daripada gue jadi anak durhaka mendingan gue jadi biarawati”
“Hushh gak boleh ngomong gitu”
“Yaudah lu bantu gue dalam doa yah, semoga semuanya lancar”

Gue bareng Adit memutuskan untuk pergi ke Surabaya buat nemuin bokap gue. Suasana menjadi dingin dan kaku. Gue yang biasanya sumringah karena bisa melepas kangen dengan bokap gue – yaa walopun ada rasa keselnya juga, tapi bapak dan anak perempuan itu kaya punya bonding yang gak pernah diketahui orang lain – tapi enggak untuk kali ini. Adit menyapa bokap dengan hangat sembari memberikan salam dan gue cuma menyapa dengan cipika cipiki standar.

Ketika suasana mulai mencair, tiba-tiba bokap gue bilang, “Nak, maafin papa. Papa harus bilang ke kamu, papa belum ikhlas kalau kalian menikah dalam waktu dekat ini.” “Hah? Maksud Papa?” tanya gue dengan air mata yang berlinang. Bokap gue cuma diem sembari menatap gue dan Adit secara bergantian dan bilang, “Maaf, nak! Papa masih butuh kamu”

Gue langsung ke kamar bokap, duduk di kasur dan membiarkan air mata mengalir tanpa henti. Adit cuma menengok sesekali dan memilih untuk ke teras depan sambil duduk dengan tatapan kosong.

Sesulit itukah jalan menuju pelaminan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh