Nikmatnya Kuliner Nusantara di Yogyakarta

Siapa yang belum pernah ke Yogyakarta? Sayang banget kalau Kamu belum pernah menjejakkan kaki di kota yang sarat peninggalan sejarah kebudayaan Jawa ini. Soalnya, Yogyakarta juga banyak memberikan inspirasi buat seniman, musikus, bahkan penulis-penulis skenario film dan televisi karena kental dengan sejarah dan budaya.

Selain itu, Yogyakarta juga dikenal dengan kota Pelajar, karena banyaknya sekolah dan perguruan tinggi yang dibangun di sini. Makanya nggak heran, kalau Yogyakarta menjadi tempat berkumpulnya pelajar-pelajar pilihan dari berbagai daerah. Walaupun banyak pendatang, Yogyakarta tetap memegang adat dan tradisinya lho.

Kepuasan menikmati semua keunikan budaya dan tradisi di kota ini tentu nggak cukup dilakukan dalam sehari. Jadi kamu harus pesan hotel dan penginapan untuk beristirahat sejenak dan berkeliling kota Yogyakarta. Nah, Kamu bisa pesan hotel di Traveloka untuk semua kemudahan fasilitas di waktu liburan Kamu.

Oh ya, salah satu hotel menarik yang bisa Kamu pilih ialah Harper Mangkubumi. Lokasi hotelnya di Jalan Mangkubumi no. 52 Yogyakarta. Hotel ini fasilitasnya lengkap lho, seperti hotel berkelas bintang 4 lainnya. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan Bkamura Adi Sutjipto juga, sekitar 7 KM aja. Selain sebagai penunjang fasilitas akomodasi untuk kepentingan bisnis, hotel ini juga bisa memenuhi kebutuhan liburan Kamu dan keluarga.

Nah, yang lebih penting lagi, ada banyak kuliner Yogya di sekitar Harper Mangkubumi yang bisa Kamu coba, diantaranya:

Gudeg Kebon Ndalem Asli

Siapa yang belum pernah mencicipi makanan yang terbuat dari nangka muda ini? Sayang banget kalau belum pernah, karena gudeg Yogya ini rasanya sangat fenomenal. Hampir sebagian besar orang yang datang ke Yogyakarta menyempatkan diri mencicipi kuliner khas Yogyakarta ini. Gudeg, terbuat dari nangka muda dengan citarasa manis yang memanjakan lidah.

Banyak restoran atau penjual gudeg pinggiran di Kota Yogyakarta, salah satunya Gudeg Kebon Ndalem Asli Bu Wito Yu Narni yang berada di Jalan Kebon Ndalem. Jaraknya cuma seratus meter dari Jalan Pangeran Mangkubumi, di sebelah selatan Tugu Yogyakarta. Kedai Gudeg ini usianya sudah cukup tua karena didirikan dari tahun 1959.

Gudeg Kebon Ndalem ini selalu dipadati pengunjung setiap harinya mulai dari jam enam pagi sampai jam sembilan malam. Harganya sangat bersahabat, tapi sangat disukai para pejabat dan artis-artis. Menariknya, gudeg ini masih dimasak secara tradisional yaitu di atas tungku kayu bakar. Walaupun bisa dibawa sebagai oleh-oleh, gudeg ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Gudeg akan dikemas di dalam kendil atau wadah dari tanah liat, sehingga tampak orisinil.

Tenang saja, gudeg-nya nggak bakalan basi kok walaupun take away karena sambal dan bumbunya ditaruh di plastik tersendiri. Harga paket nasi gudeg yang dilengkapi dengan ayam kampung dan telur bebek ini harganya sekitar Rp8.000 sampai Rp180.00. Menu makanan ini pastinya akan membuat Kamu ketagihan!!

Sumber foto: Tribbunnews.com

Sumber foto: Tribbunnews.com

Rumah Makan Adem Ayem Yogyakarta

Terletak di Jalan Pangeran Mangkubumi Nomor 101. Rumah Makan Adem Ayem Yogyakarta ini menyajikan kuliner khas Solo. Jadi, kalau lagi kangen masakan Solo saat berada di Yogyakarta, Kamu bisa langsung mendatangi rumah makan ini. Di rumah makan ini juga disediakan gudeg dengan rasa yang sedikit berbeda dari gudeg khas Yogya.

Nasi Gudeg Istimewa ini memiliki menu kamulan berupa gudeg khas Solo yang rasanya lebih manis. Gudeg ini juga lebih banyak kuah, dilengkapi dengan telur bebek, ayam kampung, opor, dan sambal goreng krecek yang rasanya lebih pedas. Jadi, jangan khawatir kalau Kamu merasa gudegnya terlalu manis, ada sambal goreng kreceknya yang pedas.

Selain Nasi Gudeg, disediakan juga menu khas Solo yang akan menggugah selera. Di antaranya, Nasi Rawon, Nasi Liwet, Nasi Soto Babat, Selat Solo, bahkan ada makanan oriental. Harga yang dikenakan pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 40.000.

Sumber foto: opensnap.com

Sumber foto: opensnap.com

Honje

Nah, buat Kamu yang berjiwa muda dan menikmati kuliner dengan suasana berbeda, Kamu bisa datang ke Restoran Honje di Jalan Margo Utomo Nomor 125. Restoran ini dulunya merupakan bangunan cagar budaya yang dijadikan restoran dengan desain unik. Terdiri atas dua lantai. Lantai pertama, adalah ruang pameran tas-tas rajut dengan merk Dowa.

Wah, kalau Kamu ingin membawa pulang oleh-oleh tas rajut merk Dowa yang terkenal, bisa mampir ke restoran ini dong. Di lantai dua, baru deh Kamu disuguhkan restoran dengan dua ruangan: di dalam dan di luar. Kalau ingin menikmati angin Yogya yang bertiup sepoi-sepoi, ambil kursi yang ada di luar ruangan.

Kursi, bantal, dan hiasan dindingnya penuh warna, sehingga Kamu bisa sekaligus foto-foto dan diunggah ke media sosial, terutama Instagram. Jika Kamu mengambil kursi di luar ruangan, Kamu juga bisa melihat bangunan Tugu Muda Yogyakarta. Untuk menu makanannya, ada makanan Barat, Indonesia, dan makanan kreasi koki di Restoran Honje.

Sumber foto: Twitter @honjeresto

Sumber foto: Twitter @honjeresto

Bakmi Tomang

Bosan makan nasi, Kamu bisa mampir ke Bakmi Tomang Yogyakarta yang menyajikan aneka hidangan berbahan dasar mie. Berlokasi di Jalan Margo Utomo Nomor 9, Bakmi Tomang Yogya ini merupakan cabang dari Bakmi Tomang Jakarta. Sudah pasti harganya pun mengikuti harga di Jakarta yang lebih mahal dibandingkan harga kuliner pada umumnya di Yogyakarta.

Namun, rasanya sebanding dengan harganya. Meskipun dari segi bangunannya sangat biasa dan tidak bisa dijadikan tempat foto-foto, rasa mie-nya dapat memuaskan lidah para penggemar mie. Restoran yang buka dari pukul sepuluh pagi sampai sembilan malam ini patut Kamu singgahi dan cicipi.

So, jangan tunda lagi waktu kuliner Kamu di Kota Yogyakarta ya. Kalau mau tau referensi kuliner lainnya, kamu bisa cek disini ya.

Happy Weekend!

You may also like...

1 Response

  1. jogja, ane idup dua tahun disana..feel nya masih terasa sampe sekarang kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh