Traktir Blogger Rasane Seafood dan Tour Avilla Residence

PicsArt
Sabtu lalu, gue join di acara #traktirblogger yang diadakan oleh Rasane Seafood Gading Serpong x Avilla Residence. Acara yang dimulai Pk. 11.00 itu dibuka oleh Mbak Nuniek – sang host handal dan terpercaya – dan dilanjutkan dengan sharing tentang Rasane dan Avilla Residence oleh founder dan ownernya langsung yaitu Bp. John B. Indrajaya.

Rasane berdiri sejak tahun 2012. Dengan proses pengembangan partnership, kini Rasane sudah memiliki lebih dari 10 cabang. Adapun value yang dipegang oleh Rasane adalah fokus pada ciri khas lokal Indonesia dimana hal ini dibuktikan dengan penggunaan resources yang semuanya berasal dari Indonesia. Kepiting yang digunakan di Rasane ada yang asalnya dari Dopo (pertengahan antara Timika dan Ambon) dimana dibutuhkan waktu kurang lebih selama 4 hari untuk bisa sampai Jakarta, belum lagi ditambah dengan waktu penangkapan yang cukup makan waktu. Walaupun harus membutuhkan waktu yang lama, Rasane tetap menggunakan produk lokal untuk memberikan kualitas terbaik. Karyawan yang bekerja di Rasane pun semuanya orang lokal sebab Rasane dibangun bukan semata untuk berbisnis mencari keuntungan tapi memiliki value yang bisa selalu dipegang.

Rasane pun selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dengan menyajikan makanan yang berasal dari sumber yang fresh dengan cita rasa berkualitas. Rasane juga memberikan garansi kepadatan kepiting loh! Kalau customer mau komplain, banyak cara untuk menyampaikannya, bisa lewat SMS, email ataupun ke websitenya langsung. Buat Rasane, customer adalah nomor satu 🙂

Dengan semakin berkembangnya Rasane, otomatis supplier mereka juga ikut berkembang. Yang dahulunya nelayan kecil sekarang sudah sangat maju. Perkembangan karyawan pun juga turut diperhatikan oleh Bp. John. Contohnya saja, karyawan yang dulunya bekerja mencuci piring sekarang sudah menjadi Chef. Nggak lupa juga dengan pajak pembangunan (PB1) yang selalu rutin dibayarkan ke pemerintah. Sangat menginspirasi bukan?

Oiya, perlu diketahui bahwa Rasane adalah pencipta kepiting asap loh. Walaupun saat ini banyak restoran seafood yang berlomba-lomba untuk menyajikan kepiting asap, tapi tetap dong Rasane juaranya.

Selesai Pak John menjelaskan tentang Rasane, kami dapat kesempatan juga untuk mendengarkan sharing session dari AnakJajan (Julia dan Marius) tentang Food Blogging. AnakJajan sendiri berdiri sejak tahun 2011 yang dulunya merupakan diary makan mereka berdua dan kini bisa menjadi referensi buat para pembaca. AnakJajan sharing bahwa pada saat mau ngeblog, kita harus tentukan terlebih dahulu topik. Isikan materi yang informatif, supaya pembaca cukup membaca dari satu sumber saja. Selain itu kalau ngeblog haruslah konsisten dan yang terakhir lakukan improvement terus menerus.

AnakJajan juga memberikan informasi tentang bagaimana cara pengambilan foto makanan yang bagus. Pertama yang harus diperhatikan adalah penguasan fitur-fitur kamera yang digunakan. Tidak perlu kamera mahal namun yang terpenting adalah bahwa kita, yang akan mengambil foto makanan itu menguasi fitur kameranya. Lalu perhatikan lighting, biar bagaimanapun natural light adalah sumber pencahayaan yang paling bagus. Berikutnya kombinasi properti dan background juga harus diperhatikan untuk mengeluarkan mood foto. Warna juga memiliki peranan penting dalam foto makanan, pastikan warna object saling melengkapi satu dengan yang lain. Contohnya saja seperti ice cream vanilla dalam wadah putih, tidak akan menarik bila difoto. Selanjutnya lagi adalah fokus foto, kita harus menentukan apakah akan fokus pada satu makanan saja atau menggabungkan dengan ambience yang ada. Hand model bisa digunakan juga untuk menambah estetika foto baik inframe maupun outframe. Hand model juga bertujuan untuk melihat proses suatu makanan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah Yum Factor dimana makanan harus terlihat menarik, segar dan warnanya keluar dengan kondisi terbaik. Shape dan Angle juga perlu diperhatikan loh supaya foto makanan menjadi lebih menarik, tidak semua foto makanan bisa diambil dengan flatlay. Contoh, pizza akan menarik jika fotonya diambil dari atas, tapi untuk burger akan lebih baik jika diambil dari samping. Dan terakhir AnakJajan bilang, follow your passion have fun!

Menarik banget kan sharing dari Pak John dan AnakJajan? Selesai mendengarkan sharing yang sangat menginspirasi selanjutnya adalah Lunch! Acara yang paling ditunggu-tunggu semua peserta 😀 Tapi sembari menunggu sajian dipersiapkan, ada sesi tanya jawab dulu nih. Beberapa T&J, gue coba rangkum disini yah.

Bagaimana cara menjaga higienitas resource yang digunakan oleh Rasane?
Komitmen yang tinggi dengan memilih supplier yang berkualitas, memperhatikan lokasi supply chain, edukasi supplier akan kebutuhan Rasane, lakukan QC untuk setiap sumber daya dan gunakan vakum untuk menjaga kualitas resource.

Bagaimana cara AnakJajan mempertahankan blog dengan baiknya persaingan food blogger?
Kami tidak menganggap food blogger lain sebagai saingan, justru mereka adalah teman makan kami. Kami bisa bertahan karena konsisten dan kami melakukan hal yang kami sukai, jadi dibawa senang aja. Sampai sekarang pun kami juga terus belajar 🙂

Jaman sekarang, coffeeshop lagi menjamur dimana-mana. Adakah tips & trik untuk memulai usaha bagi anak muda?
Pertama, pikirkan feasibility-nya. Hitung cost vs revenue serta margin. Kemudian berikan nilai tambah pada produk dengan memberikan diferensiasi baik dari penampilan maupun cita rasa. Yang terakhir, bergaulah dengan sesama businessman untuk mendapatkan intuisi bisnis. Dan jangan lupa bahwa businessman harus memiliki integritas.

Selesai tanya jawab, makanan pun dihidangkan. Ada salad mangga cumi cabai garam, udang galah ala king, kerang bambu tauco pedas, ayam cabe pandan, kepiting gemes, kepiting asap jumbo, aji-aji goreng terasi, kankung lombok terasi, sambel tiga rasa dan es serut timun. Slurrpp.

Selesai makan, selanjutnya adalah tour Avilla Residence. Yey! Sembari jalan, kita masih dikasi es krim lagi sama pihak Rasane. Pelayanan yang sangat luar biasa *two thumbs up*

Sebelum tour, kami mengunjungi display market, tempat dimana customer bisa memilih sendiri resource seperti kepiting, ikan, kerang, keong yang hendak disajikan. Udah pasti kalau semuanya fresh!

Masuk ke dalam Avilla Residence kita akan menjumpai lobby di sisi kiri dan bar di sisi kanan. Selanjutnya kami diajak menuju area ballroom yang kebetulan hari itu habis digunakan graduation buat anak TK. Nah, ballroom disini bisa disewakan buat event tertentu seperti wedding, meeting ataupun yang lainnya. Lantai 7 Avilla Residence, nantinya akan disewakan untuk perkantoran. Dari roof top Avilla, kita bisa lihat pemandangan seperti foto dibawah ini. Oiya, percis samping bangunan Avilla sedang dibangun rumah sakit gigi terbesar se-Asia Tenggara. Wow.

Selanjutnya kita akan lihat kamar-kamar di dalam Avilla Residence. Kamarnya menyerupai kamar hotel loh. Disini kamarnya bisa disewa harian ataupun bulanan buat anak kos. Tersedia juga dispenser di lorong kamar, jadi bisa refill minum sepuasnya.

Selesai tour, kita masih dikasi berbagai souvenir menarik. Ada dari ZEN, deorex, voucher makan Rasane, Voucher Indonesia Flight, voucher Avilla Residence. TERIMA KASIH BANYAK SEMUANYA 🙂
332

Avilla Residence

Jl.Gading Golf Boulevard Blok G/001 Gading Serpong
(berhadapan dengan Padang Golf Gading Serpong, 300m dari RS Carolus)
Sektor Pakulonan Barat, Pagedangan, Kota Tangerang, Banten
Telp: 021-54220608

RASANE CUSTOMER CARE
SMS : 0812 9406 6888
BBM : 5450CED2
email : customercare@rasaneseafood.com
IG : @rasaneseafood
FB : Rasane.Seafood
Twitter : @rasane_seafood

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh