Nusa Lembongan, Ceningan dan Penida

yolyyoliidaeeee

yolyyoliidaeeee

Random holiday, rasanya itu tema yang cocok buat liburan gue kali ini. Dateng ke Bali, nggak punya itinerary dan cuma punya impian nginep di Le Pirate Beach Club, Nusa Ceningan. Gue pengen nginep disana karena sebelumnya pernah liat foto temen yang udah lebih dulu nginep disana. Cakep gitu fotonya, terus jadi kepengin. Setelah cari informasi dan ngeracunin temen buat nemenin nginep disana, akhirnya gue booking kamar dan pergilah kesana.

Gue naik speed boat dari Sanur, beli tiket kapal return on the spot seharga Rp. 200.000,- dengan open schedule untuk kepulangannya. Kapal Sari Nusa mengantarkan gue ke dermaga Jungut Batu, Nusa Lembongan dengan durasi 30 menit dari Sanur. Setibanya disana, gue langsung sewa motor untuk 2 hari ke depan seharga Rp. 140.000,-. Kemudian gue langsung menuju ke Nusa Ceningan, tempat Le Pirate Beach Club berada. Sebenarnya ada jembatan penghubung Lembongan – Ceningan, tapi karena saat itu sedang diperbaiki, akhirnya gue menuju Ceningan dengan kapal seharga Rp. 40.000,- untuk sekali angkut, termasuk angkut motor sekalian. Nggak butuh waktu lama untuk sampai di Le Pirate Beach Club, karena memang jaraknya tidak terlalu jauh. Begitu sampe di Le Pirate, check in dan langsung eksplore Le Pirate Beach Club itu.

Disana terdapat 10 rooms dengan 2 type ruangan sesuai dengan model kasur: bunk bed dan double bed. Saat itu gue pesen ruangan dengan double bed. Untuk kamar mandinya sendiri semi outdoor dengan fasilitas shower, closet dan wastafel. Kamarnya tidak begitu besar, hanya muat untuk satu kasur saja dan sedikit space untuk melangkah :))

rooms

rooms

Room Inside - Le Pirate Beach Club

Room Inside – Le Pirate Beach Club

Walaupun kamarnya kecil, tapi view yang ditawarkan luar biasa bikin mata dan hati bahagia. Indah banget. Letaknya yang dipinggir laut (lahan pertanian rumput laut) ngebuat pemandangan semakin sempurna.

View from the room

View from the room

Le Pirate Beach Club

Le Pirate Beach Club

Selesai main-main di pool, gue memutuskan untuk jalan-jalan di Ceningan. Gue mulai googling dan mendapati bahwa Ceningan terkenal dengan tempat Cliff Jumping, lalu gue tanya ke staff Le Pirate dan mereka menginformasikan bahwa saat ini ombak lagi sangat besar, bahaya buat Cliff Jumping. Sedangkan untuk lokasinya sendiri berada di Blue Lagoon dan Mahana Point. Karena penasaran, akhirnya gue bareng temen menuju kedua tempat tersebut.

Blue Lagoon

Mahana Point

Mahana Point

Blue Lagoon

Blue Lagoon

Blue Lagoon

Kalau kamu mau cliff jumping, bertanyalah pada warga lokal kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal itu. Dan Cliff Jumping di Ceningan, tidak ada guide, jadi jumping sendiri naik sendiri yaa. Be careful.

Sunset at Blue Lagoon width=

Sampe di Blue Lagoon pas udah mau sunset, terus gue sembari nunggu Sunset, foto-foto disana. Namun sayangnya semesta tidak mendukung, karena mataharinya tertutup awan. Gue kembali ke Le Pirate, makan malam disana sembari bertanya-tanya tentang wisata di sekitar.

Hari kedua di Ceningan, gue ikut snorkeling ke Mangrove Point, Gamat Bay dan Wall Bay. Tapi gue nggak punya fotonya karena kamera underwater yang tiba-tiba mati *sedih*. Tapi gue mau cerita bahwa bawah laut disana sangat indah, banyak school fish, big fish dan colorful coral. Very worth to snork 🙂 Butuh waktu sekitar 3 jam untuk snorkeling ke tempat itu dengan harga Rp. 185.000,-. Gue ambil paketan dari hotel karena memang tanpa persiapan apa-apa. Harga segitu sudah termasuk sewa peralatan snorkeling dan biaya kapal. Lagi-lagi gue mau ingetin kalau mau snorkeling disini tanya dulu sama warga lokal bagaimana kondisi ombak. Pas gue snorkeling di Gamat Bay, ombak lagi besar banget, buat balik ke kapal aja susahnya minta ampun. Berenang susah payah dulu baru sampe ke kapal. Kebawa arus teruuusss. HAH!

Gegayaan padahal panik kebawa arus :))

Gegayaan padahal panik kebawa arus :))

Capek snorkeling, akhirnya gue memilih untuk tidur. Terus bangun tidur barulah mikir mau kemana, coba googling lagi dan akhirnya memutuskan untuk ke Lembongan. Di Lembongan, gue pergi ke Tamarin Beach, Devil’s Tear dan Dream Beach. Karena jembatan masih diperbaiki, gue ke lembongan naik kapal sekalian ngangkut motor lagi. Gue gak terlalu ngeh berapa lama durasi mencapai tempat tujuan, karena semuanya pake maps dan kalo feeling mengatakan salah jalan, gue akan nanya ke warga lokal. It works!

Tamarin Beach

Tamarin Beach

Devil's Tear

Devil’s Tear

Devil's Tear

Devil’s Tear

Oiya, kalo kamu ke Devil’s Tear, hati-hati karena ombaknya besar banget. Gue aja pas mau foto di deket Devil’s Tear itu jadi parno sendiri, jadi begitu bergaya langsung lari menjauh. HAHA.

Dari Devil’s Tear langsung ke Dream Beach, letaknya deket banget. Dan jangan lupa foto di ayunan yang photoable itu 😀

Dream Beach

Dream Beach

Dream Beach

Dream Beach

Selesai main di Dream Beach dan karena udah malem juga, gue makan di The Deck. Tau tempat ini dari penjaga bar di Le Pirate, lalu dengan modal nanya sana sini, akhirnya sampe juga. The Deck merupakan restoran yang menghadap ke pantai, jadi lebih baik kalau mau kemari sore ke senja gitu. Pemandangannya indah banget. Kalau malam jadi romantis sih :’)

View from The Deck Restaurant

View from The Deck Restaurant

The Deck Restaurant

The Deck Restaurant

Dinner!

Dinner!

Balik dari The Deck ke Nusa Ceningan, jembatannya udah bisa dipake. Yey! Akhirnya nyobain juga. *Norak*. Selama dibenerin, jembatan itu cuma bisa dipake sebelum jam 8 pagi dan setelah jam 6 sore 😀

Bridge Nusa Lembongan - Nusa Penida

Bridge Nusa Lembongan – Nusa Penida

Pengalaman naik jembatan ini deg-degan juga, karena ada beberapa baut yang belum kepasang di bagian tengah, jadi goyang-goyang :)) Tapi kalau ada bautnya lebih stabil sih jalanannya.

Kembali ke Le Pirate langsung hujan. Untung banget waktunya pas! Pas malam ini, gue cuma bisa berdoa dan berharap semoga ujannya nggak gede sehingga besoknya bisa ke Nusa Penida. Dan PUJI TUHAN, Tuhan mengabulkan doa gue! Besok paginya, gue ke Penida bareng sama tetangga sebelah room. Lumayan buat hemat biaya kapal dan guide. Dari Ceningan ke Penida, naik speedboat seharga Rp. 300,000,- PP. Lalu di Penida sewa motor buat jalan-jalan disana. Harga sewa motor Rp. 100.000,- udah termasuk BBM full.

Di Penida, gue ke Broken Island dan Angels Billabong yang famous itu!! Dream comes true banget, walaupun jalanan yang dilewati lumayan bikin pantat tepos tapi kebayar begitu sampe sana.

Way to Angel's Billabong

Way to Angel’s Billabong

Way to Angel's Billabong

Way to Angel’s Billabong

Way to Angel's Billabong

Way to Angel’s Billabong

Sejak awal guide gue uda bilang, kalo kondisi cuaca tidak mendukung, dia nggak mau buat memandu kami ke Penida. Bener aja, begitu liat jalanan kesana, kebayang dong kalo becek? Huwaaahh. Ternyata semesta mendukung! Thank God banget..

Broken Island

Broken Island

Angel's Billabong

Angel’s Billabong

Broken Island dan Angel’s Billabong itu satu kawasan, jadi tinggal jalan kaki aja. Tapi jalanan menuju Angel’s Billabong batuan tajam semua. Be careful ya.

Di Angel’s Billabong, kalau laut nggak pasang, kita boleh berenang. Tapi sebaiknya konfirmasi dulu ke warga lokal bagaimana kondisi laut saat kamu datang. Bisa cek lihat di gambar kan, kalo Angel’s Billabong itu langsung ditepi lautan luas. Jadi, jangan nekat ya!

Dan terkahir, gue ke Crystal Bay. Disini gue lebih milih minum kelapa muda dan makan mie instant pake pilus untuk menutup rangkaian perjalanan ke Penida, Lembongan dan Ceningan.

Yang pasti, gue bakal balik lagi kemari satu saat nanti, soalnya masih banyak banget tempat yang belom di eksplor. Semoga Tuhan dan semesta mengizinkan 🙂

You may also like...

66 Responses

  1. arievrahman says:

    Lho kamu liburan sendiriaaan?

  2. tari says:

    hallo mbak mau tanya dong harga makanan di The Deck Cafe sekitar berapaan ya?

  3. thiozard says:

    Untuk nginep di le piratenya on the spot kah? Atau sudah book sbelumnya? Kisaran harga brapa? Thank you before.

  4. lusy says:

    Hallo..
    wah informasi dari blog ini guna banget 🙂

    dari jungut batu ke le pirate berapa lama sai ?

    disana masih bisa dapet koneksi internet gak (walau tanpa wifi hotel) ?

    mohon infonya. terima kasih

  5. lisa says:

    Hallo,

    Wah pas banget saya sedang butuh info ke lembongan-ceningan-penida terus ketemu blog ini.
    Mau tanya, saya rencananya mau nginap di lembongan, kemudian explore pulau+ceningan. Kalau mau explore penida cukup 1 hari kah?atau harus menginap juga?
    Untuk speedboat 300rb apakah harus di hari yang sama?

    Mohon infonya yaaa.. terima kasih

    • eanindya says:

      Halo, kalo mau explore penida sebaiknya 2 hari biar lebih puas karena jarak dari 1 tempat ke tempat lain berjauhan. Kalo speedboat harus di hari yang sama atau enggak, aku kurang tau sebab aku kemarin PP dihari yg sama 🙂

  6. fitri says:

    hallo mba mau nanya dong, kalau mau jelajahin nusa penida,lembongan dan ceningan kira-kira kemana dulu yaa yang harus didatengin?? soalnya saya berencana dalam sehari mau jelajahin 3 pulau tersebut..mohon dibantu yaa mba..
    thanks

    • eanindya says:

      Sorry for late response. Agak sulit untuk mengunjungi 3 pulau dalam sehari. Untuk ceningan dan lembongan ada connector jembatan, tapi kalau mau ke Penida mesti naik kapal lagi.

      Penida adalah pulau yang paling besar dan destinasinya tersebar dengan jarak yang lumayan jauh. Saran saya explore ceningan dan lembongan 1 hari, penida minimal 1 hari sendiri 🙂

      Semoga membantu ya.

  7. Ningsih says:

    Hai mba mau nanya klo dari lembongan mau ke penida kan harus naik kapal,nah klo saya cuma ber2 apa harganya ttep 300rb?bisa nggak bawa motor ke penida dari lembongan?terima kasih

    • eanindya says:

      halo, kalo dari dari lembongan ke penida harus naik kapal, nggak bisa naik motor. Di lembongan adanya sewa per kapal, jadi tidak pengaruh jumlah orangnya. Sebaiknya cari barengan yah.

  8. anniesa says:

    halo mba, dari lembongan ke penida nggak ada kapal lain kah selain speedboat?

    • eanindya says:

      Halo, honestly aku kurang tau ada kapal lain atau enggak. Sebab kebanyakan disana pakenya speedboat. Maaf ya kalau kurang memuaskan jawabannya 🙂

  9. kurniasih says:

    nanya dong mb, skrg jembatan ceningan udah jadi ya? boleh info guide nya tidak bt di nusa penida? dengar dengar disana susah sinyal ya dan gak bs pakai gps?

    • eanindya says:

      Halo, aku kurang tau apakah jembatannya sudah diperbaik apa belum setelah roboh beberapa minggu yang lalu ini.

      Anyway waktu di Penida aku sewa motor dan guide on the spot, so i dont have their contact. But maybe you cant contact this one: Putu 0878 61142885 dari guide Octopus.

      Sinyal ada di beberapa titik Penida saja tapi tidak di semua lokasi ada sinyal 🙂

  10. Derry says:

    Pgn tanya dong mbak…utk di nusa penida yg spot candi di bawah lautnya di sebelah mana ya ?

    • eanindya says:

      Halo, maaf ya aku kurang tau. Yang pernah kubaca di berita, candi di bawah laut adanya di taman pura, buleleng. Coba kamu browsing ya. Maaf, belum bisa bantu.

  11. Riko says:

    Booking annya bisa pake debit card ngga bu?

  12. sarah says:

    mba rute dr sanur ke ceningan, eskplore ceningan plus snorkling, lalu ke penida ya eksplore sehari PP. eksplore lembongan ny dimana nya mba? sory oot ya, soale belum paham rute ny nib

    • eanindya says:

      Halo. Sebenarnya rute kapalku dari sanur ke lembongan. Lalu lembongan ke ceningan itu ada jembatan penghubung. Jadi tidak usah kawatir kalo mau ke lembongan dan eksplor disana. Kalau pas pengin makan atau muterin lembongan tinggal lewatin jembatan aja kok.

      Di Penida bener, aku cuma PP aja. Hehe.

  13. sarah says:

    mba kalau dipenida or ceningan, ada sewa motor plus guide nya ya?. mau solo travel soale nih. rute ak uda paham. lembong or penida bs snorkling semua. banyak operator yg langsung nawarin snorkling ya pas di dermaga?? mau minta kontak ny sih mba kalau ada. makasih yaa

    • eanindya says:

      Halooo.. iya di lembong dan penida ada sewa motor dan guide. Ini yang aku punya contact guide penida ya. Semoga berhasil 0878 61142885 (Putu Octopus)

  14. Tanthrie says:

    Haloo, mau tanya pendapat mba di antara Ceningan, Lembongan, Penida lebih bagus mana?

    • eanindya says:

      Halo, semuanya punya karakteristik masing-masing. Tapi kalau buat liburan full of experience better penida. Tapi kalau mau liburan lebih tenang ke ceningan/lembongan.

  15. Fibri says:

    Hi mbak, salam kenal, mau tanya kapalnya berangkat dari penida ke lembongan jam berapa? Terus baliknya jam berapa? Cuma satu kali aja ya? Thank you :*

    • eanindya says:

      Halo. Aku kurang hapal tapi gak cuma sekali kok. Kalo gak salah ya ada 3-5 kali bolak balik. Hehe. Semoga terbantu ya.

  16. Clairine says:

    Halo mbak, such an informative blog post mba.. kebetulan aku ada rencana kesana juga. Aku mau tanya, disana selain sewa motor, ada sewa transportasi lain kah? soalnya aku belum bisa driving a motorcycle.. Thank you mba! 🙂

    • eanindya says:

      Halo, di penida bisa sewa mobil. Tapi aku nggak yakin bisa sewa lepas kunci atau harus sama driver. Coba deh kamu hubungi ini 0878 61142885 Pak Putu, dari Octopus Tour. Aku kemarin nggak pake dia sih, cuma pas ketemu di salah satu pantai saat dia bawa rombongan, aku minta contactnya 🙂

      Nah kalau di Ceningan dan Lembongan, jarang sekalii aku lihat mobil. Mostly motor ya. Maaf, kalo di Ceningan atau Lembongan, aku gak punya contactnya.

      Anyway, good luck ya.

  17. ivan says:

    halo mbak. inspiring post nih. mau tanya dong untuk transportasi dari nusa lembongan/ceningan menuju nusa penida.

    itu 300,000 kan PP ya. bisa gak ya kalau cuman sekali jalan saja (saya rencana ke penida, terus dari penida lsg balik bali)

    sama apa boatnya itu ada jam-jam nya untuk pergi, atau terserah kita saja jalannya kapan?

    Terima kasih ya mbak

    • eanindya says:

      Halo! sebenebarnya itu negotiable kok. Tapi sebaiknya kamu tanyain langsung aja ya biar lebih pasti,

      • sarah says:

        hay mba nindya,thx ya infonya. kemariin ak uda jalan ke sana tapi non ceningan karena ngga ada guide bs anter pake motor. untuk yg mau ke penida solo travel,ak ada kontek yg bs guide plus motornya (email aja ya). jadi jangan takut ngga bisa eksplore karena penida banyak banget spot kerennya. nah untuk kemarin, ak dr penida ke lembongan yg jembatan kuning itu,cuma 20rb aja pake perahu warga alias boat umum. pagi2 sekitar jam 8.

  18. Han says:

    sore Mba Nindya, mau nanya nihh, utk dari Sanur itu apakah ada boat yg bisa langsung menuju ke Ceningan ya?
    in case tdk ada boat, setelah merapat di lembongan, kalau mau ke ceningan menuju Le Pirates, selain naik motor apa ada other alternative ? krn saya bawa banyak barang kebutuhan baby nih, makanya agak ribet..
    thank you before 🙂

    • eanindya says:

      Halo, dari Sanur ada yang langsung ke Ceningan juga kok. Connector lembongan dan ceningan hanya jembatan, rasanya satu-satunya cara hanya naik roda dua ya. Atau nyebrang pake boat kecil. Gitu aja sih 🙂

      • Han says:

        ok thank you infonya Mba… mau nanya lagi, utk tiket masuk ke area spt angel’s billabong, crystal bay, broken beach, itu harga berapaan ya ? selain itu di titik2 wisata itu ada semacam pos untuk donasi gt…?
        thank you so much, Mba Nindya 🙂

        • eanindya says:

          Tidak ada tiket masuknya kalau kesana, tapi banyak anak kecil yang suka datangi buat minta uang. Pos donasi? Aku lupa pastinya, tapii ada penjaga yang minta uang gitu. Hege

          • Han says:

            okay, trus td aku baca postingan kmu lagi, utk lunch disana, apa cuma ada di cryatal bay ? maksud aku, klo bisa sih sekalian wisata kuliner gitu di Penida, heheheheh…..

          • eanindya says:

            Kebetulan saya di penida one day, makannya mie instant dipinggir pantai gitu. Mestinya sih ada ya yang jual makanan, tapii gak yakin juga ada

          • Han says:

            oky, noted Mba… thank you very much for the info, Mba Nindya. this is very helpful.. 🙂

          • eanindya says:

            Sippp..sama-sama. Have a nice trip yaa.

  19. Dea says:

    Hi Mba Nindya, post nya informatif sekali! Btw, So, I’m wondering bagaimana medan jalanana di Nusa Lembongan untuk pemula scooter rider kyk aku gini? kira2 aman kah?

    And, boleh saran kira2 tempat stay, enakan di Jungut Batu atau Mushroom Bay ya mba? Thank youuuu mba! 🙂

    • eanindya says:

      Haloo pasti bisa, karena disana jalanannya sepi dan beraspal. Walaupun ada beberapa aspal yang somplak tapi gak susah kok lewatinnya. Kalo tempat stay, sku kurang tau, karena pas ke sana memang pengin nginepnya di Le Pirate, Ceningan. Hehe.

  20. agus wardhiana says:

    Let’s Explore Nusa Penida
    Paket Wisata ke Nusa Penida, Hemat dan Bersahabat
    Kami adalah tour yang menyediakan segala kebutuhan berlibur ke Pulau Nusa Penida dan memanjakan mata anda dengan berbagai objek wisata indah di pulau ini.
    Hotline : +62 821 4505 5538
    WhatsApp : +62 81 916 520 146
    Email. triptopenida@gmail.com
    Web. http://www.triptopenida.com

  21. FirdaSL says:

    Halo mba mau tanya.. itu sewa motor di penida 100rb sudah sama guide? Satu motor sama guidenya atau pisah motor sama guidenya? Minta saran jg kalo pake guide wajarnya kasih uang tips lagi atau ngga? Kalo iya, berapa kira2..? Heheheee

    • eanindya says:

      Halo, sewa motor segitu sudah sama guide dan kita satu motor sama guidenya. Hmm aku gak kasih tips lagi, paling pas lagi makan, aku ajakin makan bareng aja terus kita bayarin 🙂

  22. julie says:

    hai mba mau tanya… harga sewa alat snorkeling di nusa penida berapaan ya?? apa sudah termasuk boatnya gitu??

    • eanindya says:

      Halo, waku waktu itu sewanya di hotel, Ceningan. Sudah satu paket antara alat snorkeling dan perahu. Tapi aku lupa harganya. Hanya saja, semakin banyak orang yang ada dalam satu perahu pasti share costnya lebih rendah. Mungkin around 100-200k prediksiku.

  23. Ariya Mahendra says:

    Mau tanya Mba
    Bagusan mana nusa penida atau nusa lembongan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design BangladeshWeb Design BangladeshMymensingh